SOLOPOS.COM - Oki Setiana Dewi (JIBI/Antara/dok)

Kabar artis Oki Setiana Dewi memberikan tips mendidik anak menjadi seorang hafiz.

Solopos.com, SOLO – Artis dan ustazah, Oki Setiana Dewi membagikan tips kepada orang tua yang ingin mendidik anaknya menjadi penghafal Alquran (hafiz).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Oki Setiana Dewi memiliki impian untuk membuat sebuah tempat kursus penghafal Alquran mengatakan seorang anak yang berusia 0-6 tahun merupakan seorang peniru terbaik di muka Bumi.

Menurut Oki, jika orang tua ingin sang anak menjadi menghafal Alquran, sebaiknya mereka juga harus menerapkan pendidikan kepada sang anak sejak masih di dalam kandungan dengan memperdengarkan lantunan ayat suci Al-quran.

“Anak-anak itu apalagi usia 0-6 tahun, usia-usia golden age adalah peniru terbaik di muka Bumi ini. Mereka seperti spons menyerap apapun yang mereka lihat, mereka dengar, dan semuanya mereka tiru. Sehingga untuk mendidik anak-anak tersebut supaya mereka cinta Alquran ya orang tuanya dan lingkungan sekitar mereka juga harus cinta Alquran,” ungkap Oki.

“Masa pembelajarannya dimulai dari mereka masih di dalam kandungan. Di mana indera pertama kali yang berfungsi adalah indera pendengaran. Ibunya harus banyak mengaji dan mendengarkan ayat-ayat suci Al-quran ketimbang yang lain. Ketika anak tersebut lahir juga harus dibiasakan untuk pasang lantunan ayat suci Al-quran. Sehingga anak terbiasa dengan kalimat-kalimat itu dan bisa lebih mudah menghafalkan Alquran,”tutur ibu dua anak ini.

Selain itu menurut Oki, orang tua juga harus memiliki tekad dan visi misi yang kuat. Lingkungan juga harus mendukung sang anak agar bisa tumbuh menjadi seorang hafiz Alquran.

“Kedua orangtuanya juga harus punya tekad yang kuat, visi misi yang sama. Meski anak nantinya besar menjadi apa, tapi dia basicnya harus menjadi penghafal Alquran. Masukkan juga dia ke lingkungan yang mendukung, seperti sekolah yang banyak mata pelajaran tentang hafalan Alquran,” lanjutnya, sebagaimana dilansir Okezone.com, Minggu (27/3/2016).

Oki Setiana Dewi ingin membuat tempat kursus untuk menghafalkan Alquran di daerah Bintaro. Oki juga akan menempuh pendidikan S3 nya di jurusan Pendidikan Anak Usia Dini pada September 2016 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya