SOLOPOS.COM - Cita Citata (Liputan6.com)

Kabar artis Cita Citata gagal menjadi duta budaya Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Acara promosi budaya dan kuliner Indonesia yang dibalut dalam Hello Indonesia batal digelar. Perwakilan Zeus Event, Alkish, menyatakan acara tersebut untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga London.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara itu  seharusnya diselingi dengan penampilan pelantun sakitnya tuch di sini, Cita Citata, di alun alun kota London, Trafalgar Square, Minggu (14/8/2016). Tapi akhirnya dibatalkan oleh pihak penyelenggara EO di London, Inggris.

Cita Citata yang sebelumnya menjadi Duta Budaya Indonesia gagal tampil di London, karena acara Hello Indonesia sendiri juga urung digelar. Pengusaha Indonesia di London, Usya Soeharjono, yang mempunyai izin penyelenggaraan Hello Indonesia menyebutkan acara dibatalkan oleh EO di London.

“Saya sudah bayar DP dan saya akan bayar lagi hari Kamis. Sisanya dilunasi setelah acara. Tapi karena ada peserta yang belum bayar dan saya tidak bisa menunjukkan surat jaminan tertulis dari peserta. Acara ini dibatalkan oleh pihak EO,” ujar Usya, seperti dikutip dari Antara, Senin (15/8/2016).

Padahal Usya menyebutkan sudah berusaha dengan maksimal. “Saya sudah berusaha maksimal agar tetap terlaksana. Sekali lagi mohon maaf,” demikian Usya Soeharjono kepada Antara London.

Menurut rencana Cita Citata akan berada di London untuk menghadiri acara bertajuk Hallo Indonesia. Tidak hanya menjadi penghibur dengan lagu-lagu hitsnya, Cita juga akan menjadi duta budaya Indonesia.

Dalam website Mayor of London menyampaikan berita pembatalan acara promosi Indonesia. Indonesia Day 2016 – this event has been cancelled yang disebutkan akan diadakan pada hari Sabtu (13/8/2016) sementara panitia Hello Indonesia menyebutkan acara akan diadakan pada hari Minggu (14/8/2016)

Dalam website disebutkan Please note that unfortunately the event organisers for Indonesia Day 2016 have cancelled this event. We apologise for any inconvenience caused.

Festival yang diselenggarakan untuk kali ketiga sejak 2014 bertujuan memperkenalkan Indonesia secara lebih luas kepada warga Inggris dan mancanegara. Inggris dikenal sebagai jantung ibu kota dunia.

Disebutkan penyelenggara acara tahunan ini pemilik Restauran Nusa Dua di London, Usya Soeharjono memdapat dukungan dari Kantor Wali Kota London dan diakui KBRI di London.

Besarnya minat masyarakat di London terhadap acara ini dibuktikan dengan tingginya jumlah pengunjung ke acara ini sejak 2014 yang mampu menyedot 15.000 pengunjung diharapkan dapat meningkat menjadi 30.000 pengunjung pada tahun ini.

“Kami sangat serius dalam mempromosikan Indonesia di Inggris. Dipilihnya Trafalgar Square sebagai tempat pelaksanaan festival ini, karena tempat ini dilalui puluhan ribu orang setiap harinya, serta lokasinya di pusat Kota London yang berdekatan dengan istana Buckingham Palace, Big Ben, dan rumah kediaman Perdana Menteri Inggris di Downing Street,” kata Usya.

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah wisatawan asing ke Indonesia pada tahun 2015 berjumlah 10.406.759 wisatawan, dan jumlah wisatawan asal Inggris mencapai lebih dari 200.000 pengunjung. Sejak tahun 2014, jumlah wisatawan Inggris meningkat sebanyak 20 persen dan wisawatan asal Inggris ini merupakan jumlah wisatawan terbesar dari Eropa yang berkunjung ke Indonesia.

Kesedihan Cita Citata yang tidak bisa terbang ke London untuk menghibur penggemarnya, diungkapkan melalui akun Instagram pribadinya, cita_citata.

Melalui video 60 detik yang diunggah di Instagram, Sabtu (13/8/2016) Cita Citata mengungkapkan kesedihannya karena tidak bisa datang ke acara Hallo Indonesia, di London, Inggris.

“Hallo guys, aku mau curhat sedikit, berhubung acara Hallo Indonesia dibatalkan, sedih sih, tapi ya tadinya aku pikir-pikir aku mau jalan-jalan aja ke sana, karena visa-nya sudah jadi,” tutur Cita Citata dalam video berdurasi 60 detik tersebut.

Bukan hanya Cita Citata yang merasa kecewa, Badan Ekonomi Kreatifitas Indonesia yang dipimpin Triawan Munaf, pengisi acara diantaranya kelompok dari Lila Bhawa, penyanyi Indonesia yang masuk semifinal BGT Ana dan Fia Almanda dan pengisi stand yang akan mempromosikan kuliner Indonesia seperti Warung Windsor yang dikenal dengan sate Windsor serta Bakso Bola Bola harus menahan kekecewaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya