SOLOPOS.COM - Adele dalam video klip Hello, album 25. (Youtube.com/AdeleVEVO)

Kabar artis Adele tidak memasukkan album terbarunya, 25, untuk layanan streaming.

Solopos.com, LOS ANGELES — Album terbaru Adele bertajuk 25 tidak akan bisa diakses secara streaming di layanan musik digital apa pun, termasuk Spotify dan Apple Music. Mengapa?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dilansir Nytimes, Jumat (20/11/2015), keputusan Adele untuk tak membiarkan album teranyarnya ada di layanan musik digital, berkaitan dengan sistem streaming gratis yang tersedia untuk publik.

Sebenarnya, persoalan mengenai streaming gratis ini sudah lama menjadi topik penting dalam dunia musik, lantaran berhubungan dengan hak cipta dan royalti insan hiburan musik itu sendiri.

Kebijakan pihak Adele tersebut disampaikan pihak Spotify, tepat di hari perilisan album pelantun lagu Hello tersebut.

“Kami mencintai dan menghormati Adele, serta 24 juta penggemarnya di Spotify. Kami berharap sesegera mungkin dia akan memberi kesempatan para penggemarnya untuk menikmati 25 di Spotify bersama dengan 19 dan 21,” kata perwakilan Spotify.

Langkah Adele ini mengikuti jejak Taylor Swift dan Beyonce. Taylor Swift tercatat menarik peredaran albumnya 1989 dari Apple Music pada 2014, begitu pula dengan Beyonce dengan album bertajuk Beyonce, yang rilis pada akhir 2013.

“Ini adalah masalah kecil untuk Adele, tapi masalah besar untuk layanan streaming,” kata Mark Mulligan, seorang analis media digital, Midia Research, mengomentari langkah tegas Adele tersebut.

“Selama dua tahun berjalan mereka sudah tidak memiliki album terbesar tahun ini,” ujar Mark.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya