SOLOPOS.COM - Jessica Ellen Cornish atau Jessie J. (google.img)

Kabar artis berikut ini tentang 3 musisi dunia yang meraih popularitas berkat media sosial.

Solopos.com, SOLO – Panggung musik virtual kini disediakan sejumlah lapak seperti MySpace, YouTube, Spotify, dan situs berbagi platform musik lainnya. Menemukan musik baru yang bagus pun bisa dilakukan dalam genggaman telepon pintar.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Dikutip dari The Richest, Internet punya musik yang beragam dengan cara ngetop yang sulit diramalkan. Di ranah musik, Youtube selama ini masih menjadi tolok ukur popularitas secara global.

Sementara situs MySpace dianggap sebagai tempat ajang pencarian bakat digital. Sejumlah label mayor dunia banyak yang berburu musisi berbakat dari situs ini. Sedangkan situs berbagi musik, dianggap sebagai roda penggerak musik digital.

Ekspedisi Mudik 2024

Kalau di Indonesia punya trio Gamaliel Audrey Cantika (GAC), di luar negeri sejumlah musisi ternama juga membangun reputasinya dari dunia maya. Berikut ini musisi dunia yang melejit lewat media sosial seperti dirangkum , baru-baru ini.

1. Justin Bieber

Sebelum dikenal sebagai badboy semenjak putus dari Selena Gomes, Justin Bieber dikenal sebagai raja musisi muda di dunia maya. Lagu hits­-nya berjudul Baby ditonton hampir semiliar kali di internet. Sekali melempar lagu baru, tak kurang 140 juta penonton melihat klip videonya di YouTube.

Justin Bieber (Youtube.com)

Justin Bieber (Youtube.com)

Kesuksesan Bieber tak luput dari peran manager sekaligus executive producer di label yang menaunginya bernama Scooter Braun. Dia adalah sosok yang menemukan video Bieber saat meng-cover lagu R ‘n B yang diunggah ibunya di Youtube.

Ketenatan penyanyi yang digandrungi jutaan ABG perempuan di seluruh dunia ini tak mengherankan. Pada awal kemunculannya, Bieber terlihat sebagai lelaki imut bermata cokelat yang fasih menyanyi RnB ballads waktu itu. Sepak terjangnya makin memukau saat ia mendapatkan kesempatan belajar dan berkolaborasi langsung bareng musisi seniornya.

2. Adele

Penyanyi lain yang juga meniti karier dari dunia maya adalah Adele. Albumnya bertajuk 21 berhasil memecahkan rekor dunia. Tak berhenti di situ saja, kualitas pelantun lagu Someone Like You ini juga diakui dengan ganjaran tujuh piala Grammy.

Adele (billboard.com)

Adele (billboard.com)

Adele pernah mengenyam pendidikan di BRIT Performing Arts School, tempat yang sama menempa Amy Winehouse dll. Namun ia tidak pernah menyangka bisa mendapatkan ketenaran seperti saat ini karena ukuran tubuh yang di atas rata-rata selebriti dunia lainnya. Meski berkecil hati, Adele tetap menamatkan sekolah karena rasa cintanya pada musik.

Saat musisi asal Inggris Lily Allen dan Kate Nash mulai membangun penggemarnya di MySpace dan tren major label rekaman mulai memburu musisi yang piawai menulis lagu sendiri dari situs tersebut. Beberapa lagu tulisan Adele yang diunggah di MySpace pun terendus para pemburu bakat.

Setelah itu, ia dipinang major label dan namanya mulai bersinar sebagai pendatang baru. Tak sulit buat Adele meraih simpati penggemar musik dunia. Bermodal lagu bagus dan cara menyanyi yang menawan, ia pun berhasil meraih simpati publik.

Lima klip video Adele yang diunggah di Youtube rata-rata ditonton lebih dari 140 juta kali. Salah satu yang paling banyak ditonton adalah Rolling in the Deep yang telah diputar sedikitnya 400 juta kali.

3. Jessie J

Musisi Jessie J bukanlah penyanyi yang ditemukan langsung secara online. Sebelum ngetop sebagai penyanyi, ia terlebih dulu membangun kariernya di musik sebagai penulis lagu untuk hits untuk artis yang dimiliki Sony.

Momen transformasinya terjadi saat orang terdekatnya menyadari kalau Jessie J berbakat menjadi bintang dengan modal keunikan yang dimilikinya. Bos agensi tempatnya bernaung kemudian mengunggah link menyanyi Jessie J ke MySpace. Postingan tersebut mulai disukai seorang pemburu bakat dari Sony.

Manager Chris Brown yang melihat video Jessie J di Youtube kemudian menghubungi pelantun lagu Price Tag itu untuk mengontraknya mengiringi penampilan artisnya selama tur di Amerika Serikat. Selama mengikuti tur Chris Brown, pupularitasnya beranjak naik seiring promosi single barunya.     

Penampilannya secara langsung saat menyanyi ditonton 300.000 orang di Youtube. Angka tersebut jauh di bawah lagu keduanya Price Tag yang memikat 300 juta penonton lebih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya