Kabag dan Kasat Polres Klaten Diganti, Ini Daftarnya
Sejumlah perwira yang dimutasi mengikuti serah terima jabatan di Polres Klaten, Senin (8/3/2021). (Istimewa-dok. Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN -- Sejumlah perwira di Polres Klaten ramai-ramai masuk dalam gerbong mutasi, Senin (8/3/2021) pagi. Di waktu sebelumnya, sejumlah kapolsek di Klaten telah terlebih dahulu melaksanakan serah terima jabatan (sertijab).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pelaksanaan sertijab perwira menengah dan perwira pertama berlangsung di aula Satya Haprabu Polres Klaten, Senin (8/3/2021) pukul 09.00 WIB.

Lantaran masih berlangsung pandemi Covid-19, sertijab dilaksanakan dengan menaati protokol kesehatan. Para peserta diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan pakai sabun. Panitia penyelenggara sertijab juga membatasi jumlah tamu undangan guna menghindari kerumunan.

Baca juga: Jangan Lengah! Tren Kematian Akibat Covid-19 di Klaten Belum Menurun

Sertijab dipimpin langsung Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu. Jabatan yang diserahterimakan di Polres Klaten, yakni kepala bagian operasional (kabagops), kepala bagian sumber daya manusia (kabagsumda), kepala satuan lalu lintas (kasatlantas), dan kepala satuan samapta bhayangkara (kasatsabhara).

Kasubagpers Bagian Sumda Polres Klaten, AKP I Wayan Suhendar menjabat sebagai kabagops Polres Klaten. AKP I Wayan Suhendar menggantikan peran Kompol Suyarta yang berpindah tugas sebagai Kabagren Polres Semarang.

Selanjutnya, jabatan kabagsumda Polres Klaten saat ini dipegang Kompol Joko Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai analis kebijakan Polres Klaten. Kompol Joko Hariyanto menggantikan Kompol Ahdi Rizaliansyah (saat ini menjabat sebagai Kaurlitpers Subbidpaminal Bidpropam Polda Jateng).

Baca juag: 2 Pot Tanaman Cabai Milik Mbah Karto Tembel Sukoharjo Raib, Pencurinya Terekam CCTV Bawa Mobil

Berikutnya, AKP Bobby Anugrah Rachman selaku kasatlantas Polres Klaten digantikan AKP Abipraya Guntur Sulastiasto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Grogol, Kabupaten Sukoharjo. AKP Bobby Anugrah Rachman berpindah tugas sebagai kapolsek Laweyan, Kota Solo.

Pesan Kapolres Klaten

Terakhir, jabatan kasatsabhara Polres Klaten diserahterimakan dari AKP Edi Sukamto ke AKP Sri Anggono yang sebelumnya menjabat sebagai kapolsek Juwiring. Selanjutnya, AKP Edi Sukamto menjabat sebagai kasatlantas Polres Blora.

"Mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dan rutin dalam organisasi Polri. Mutasi tetap dilaksanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan organisasi, pembinaan karier, pemberian pengalaman, serta peningkatan kemampuan anggota. Mutasi jabatan juga ditujukan sebagai regenerasi, dinamika dan kesinambungan organisasi Polri agar tetap terjaga dan berjalan dengan baik," kata AKBP Edy Suranta Sitepu usai sertijab di Mapolres Klaten, Senin.

Baca juga: Resmi! PPKM Mikro di Klaten Diperpanjang Lagi, Jam Buka Warung Sampai Pukul 9 Malam

Sebelum memimpin sertijab perwira menengah dan perwira, Kapolres telah memimpin acara sertijab sejumlah kapolsek, awal Maret 2021.

Di antara jabatan kapolsek itu, seperti Kapolsek Kemalang, Kapolsek Prambanan, Kapolsek Karanganom, Kapolsek Juwiring, Kapolsek manisrenggo, Kapolsek Wonosari.

"Kepada pejabat yang dilantik segera menyesuaikan dengan tugas barunya. Selalu jaga kesehatan, pelihara dedikasi, loyalitas, dan pengetahuan. Tugas polisi sangatlah padat dan membutuhkan fokus yang tinggi, seperti program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, program 100 hari Kapolri, pencanangan zona integritas, dan kemungkinan kegiatan insidentil seperti pengamanan very very important person (VVIP)," kata Edy Suranta Sitepu.



Berita Terkini Lainnya








Kolom