SOLOPOS.COM - Ruang utama Kereta Wisata Bali. (Kawisata.id)

Solopos.com, SOLO – Berwisata tidak hanya berada di satu destinasi wisata. Namun naik kereta api atau KA juga bisa. PT KAI (Kereta Api Indonesia) mengembangkan KA Wisata melalui anak perusahannya PT Kereta Api Pariwisata.

Ada beragam KA Wisata yang ditawarkan PT Kereta Api Pariwisata seperti dikutip dari kawisata.id dan merahputih.com. Yakni Kereta Wisata Bali, Kereta Wisata Imperial, Kereta Wisata Jawa, Kereta Wisata Nusantara, Kereta Wisata Priority, Kereta Wisata Retro, Kereta Wisata Sumatera, dan Kereta Wisata Toraja.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

KA Wisata ini bisa digunakan wisatawan yang ingin menikmati layanan seperti hotel berbintang lima saat menaiki kereta api. Gerbong KA Wisata ini biasanya dirangkaikan pada KA regular, seperti Argo Bromo, Argo Parahyangan, Argo Lawu, Dwipangga, Argo Muria, Argo Gede, Bima, dan Sembrani.

Baca juga: Ingin Naik Kereta Api Jaladara Solo, Ini Jadwal Layanannya

Kereta Wisata Bali. KA Wisata ini sesuai namanya interiornya bernuansa Bali. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata. Kpaasitas, 20 tempat duduk, ruang utama, mini Bar, VVIP Room, karaoke, toilet ekslusif.

Kereta Wisata Imperial. KA Wisata ini memiliki tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), sandaran kepala (head rest) dan sandaran kaki (leg rest) fleksibel serta power soket. Kapasitas 20 tempat duduk, mini bar, karaoke, TV layar lebar (Big Screen), bagasi 20 kg, toilet eksklusif

Kereta Wisata Nusantara memiliki desain interior dan segala pernak-perniknya yang menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Kapasitas 19 tempat duduk, balkon, ruang utama dengan karaoke, mini bar, kamar tidur (kapasitas 2 orang dewasa) dan toilet eksklusif.

Kereta Wisata Jawa. Selain pernak-pernik nuansa Jawa, ruang utama dilengkapi dengan karaoke, tersedia ruang serbaguna untuk tempat meeting atau meja makan keluarga. Dilengkapi kamar tidur kapasitas 2 orang dewasa, kapasitas 20 tempat duduk, dan ruang bagasi.

KA Wisata Jawa
Kamar tidur Kereta Wisata Jawa. (Kawisata.id)

Baca juga: Catat! Ini Tarif Naik Bus Tingkat Werkudara Solo, Bisa Sewa Juga

Kereta Wisata Priority, kapasita 30 tempat duduk dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi. Ada power socket di sebelah kursi dan lampu baca pada atap kursi. Kenyamanan kursi ergonomis dan ruang kaki yang lapang. Bisa juga ngobrol santai di ruang Mini Bar.

Kereta wisata Toraja. Seperti halnya KA Wisata Bali, fasilitas yang diberikan di Kereta Wisata Toraja tak jauh berbeda. Hanya saja, lebih menonjolkan sisi kekayaan budaya Toraja, dan terdapat beberapa jenis ukiran dan lukisan khas.

Kereta Wisata Sumatera, menonjolkan seni dan keindahan budaya Sumatera, Kapasitan 22 tempat duduk, ruang utama yang dilengkapi dengan karaoke, ruang privat untuk menonton film, mini bar bersebelahan dengan ruang serba guna.

Cara pesannya Anda bisa mengaksesnya melalui aplikai KAI Access atau di kawisata.id. Seperti Kereta Wisata Sumatera tarifnya Rp23.650.000 rute Jakarta-Bandung. KAI Wisata Priority tarif Rp 24.750.000 untuk rute Jakarta-Bandung. KAI Wisata Nusantara dibanderol dengan harga Rp 23.650.000

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya