KA Tegal Ekspres ke Jakarta Dibuka, Penumpang Wajib Pakai Lengan Panjang
Ilustrasi KA di masa pandemi (Istimewa-KAI Daop VII Madiun)

Solopos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang kembali membuka trip ke wilayah DKI Jakarta mulai Minggu (14/6/2020), kali ini via KA Tegal Ekspres. Perjalanan ke Jakarta itu baru bisa di akses melalui Stasiun Tegal, Jawa Tengah (Jateng).

KA Tegal Ekpres, yang merupakan kereta api kelas ekonomi ini akan beroperasi mulai Minggu. Kereta beroperasi dengan jadwal keberangkatan pukul 14.30 WIB dari Stasiun Tegal.

Pramono Edhie Wibowo Meninggal Dunia karena Serangan Jantung

Manajer Humas PT KAI Dapos IV Semarang, Krisbiyantoro, mengingatkan ada beberapa ketentuan bagi para penumpang. Meski telah dioperasikan, KA Tegal Ekspres menuju Jakarta ini tetap menerapkan pembatasan penumpang.

“Dari kapasitas 106 set pada tiap kereta, yang dijual hanya 72 seat. Satu rangkaian KA Tegal Ekpres terdiri dari 8 kereta, jadi total tempat duduk yang disediakan sekitar 576 seat,” ujar Krisbiyantoro, Sabtu (13/6/2020).

Jenderal Pramono Edhie Wibowo Ipar SBY Meninggal Dunia

Pembatasan ini, kata Krisbiyantoro, sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No.7/2020 dan Surat Edaran Ditjen KA Kemenhub No.14/2020. KA Tegal Ekspres ini merupakan KA ekonomi pertama ke arah Jakarta setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Bisa Offline

Sementara itu, untuk tiket KA Tegal Ekspres dibanderol Rp49.000. Pembelian tiket bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access maupun mitra KAI. “Tapi, kami juga bisa melayani pembelian secara langsung di stasiun. Maksimal tiga jam sebelum keberangkatan,” tuturnya.

Tempat Parkir di Sragen Disulap Jadi Laboratorium Rapid Test Covid-19

Sementara itu, bagi penumpang KA Tegal Ekspres tujuan Jakarta harus memenuhi beberapa persyaratan. Syarat itu antara lain Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta, surat keterangan bebas Covid-19, dan mengenakan masker serta baju lengan panjang.

KA Tegal Ekspres ini merupakan kereta api jarak jauh kedua yang dioperasikan KAI Daops IV Semarang untuk menyambut era new normal. Sebelumnya, PT KAI Daops IV Semarang telah mengoperasikan kereta api jarak jauh lainnya, yakni KA Maharani relasi Semarang Poncol-Stasiun Pasarturi Surabaya PP.

Akhirnya Yuri Akui Rasio Tes Covid-19 Indonesia Rendah, Jauh dari Malaysia



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom