SOLOPOS.COM - Ilustrasi penumpang kereta api (Istimewa/PT KAI Daops VI Yogyakarta)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta menjalankan sejumlah KA jarak jauh tambahan untuk memenuhi permintaan pelanggan pada akhir pekan ini. Dalam hal ini, KAI tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang ketat.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan demi memenuhi permintaan pelanggan, KA tambahan keberangkatan dari Daops VI Yogyakarta kembali dijalankan pada akhir pekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini beberapa KA untuk sementara hanya beroperasi pada tanggal - tanggal tertentu. Di samping KA tambahan, sudah ada sejumlah KA jarak jauh reguler yang jalan,” ujar dia, kepada wartawan, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Dukung Piala Dunia U-20, Kementerian PUPR Renovasi Stadion Manahan dan 4 Lapangan di Solo

Sejumlah KA tambahan yang beroperasi dari Daops VI Yogyakarta, yakni KA Taksaka Pagi, KA Taksaka Malam, KA Argo Lawu Fakultatif, KA Senja Utama Yogya, KA Senja Utama Solo, KA Fajar Utama Yogya, KA Sancaka, KA Mutiara Timur, dan KA Progo. Dari beberapa KA tersebut yang berangkat dari Solo adalah KA Senja Utama Solo, KA Sancaka, KA Mutiara Timur, dan KA Argo Lawu Fakultatif.

Protokol Pencegahan Covid-19

Sedangkan KA jarak jauh reguler yang saat ini berjalan adalah KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga, KA Bengawan, KA Sritanjung, KA Bima, KA Gajayana, KA Turangga, KA Argowilis, KA Jayakarta, dan KA Kahuripan.

Supriyanto menambahkan pengoperasian kembali KA ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat. Sedangkan untuk penjualan tiket, KAI masih menerapkan maksimal 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Baca juga: 10 Berita Terpopuler : Yussa Tertarik Persis Solo - Warung Bakso Enak Wonogiri

Selain itu, setiap individu yang melaksanakan perjalanan dengan kereta api, tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan.

Secara umum seluruh penumpang kereta api diharuskan dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh maksimal 37,3 derajat Celsius, dan diimbau memakai pakaian lengan panjang atau jaket. Sesuai dengan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan KA jarak jauh juga diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“KAI Daop VI Yogyakarta menyiapkan lokasi pemeriksaan rapid test antigen khusus pelanggan KA jarak jauh di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten dan Solo Balapan dengan tarif Rp105.000. Sedangkan pemeriksaan GeNose disediakan di Stasiun Yogyakarta, Solo Balapan, dan Lempuyangan dengan tarif sebesar Rp30.000. jadwal pemeriksaan pukul 07.00 WIB - 19.00 WIB,” jelas dia.

Baca juga: Asale Menara Baskoro Klaten, Dulunya Tempat Raja Keraton Minta Petunjuk Sang Pencipta

Jadwal KA Tambahan:
- KA Taksaka Pagi relasi Yogyakarta - Gambir berangkat pada 26-29 Maret 2021
- KA Taksaka Malam relasi Yogyakarta - Gambir berangkat pada 25-29 Maret 2021
- KA Argo Lawu Fakultatif relasi Solobalapan - Gambir berangkat pada 28 Maret 2021
- KA Senja Utama Yogya relasi Yogyakarta - Pasarsenen berangkat pada 28 Maret 2021
- KA Senja Utama Solo relasi Solobalapan - Pasarsenen berangkat pada 25, 26 & 28 Maret 2021
- KA Fajar Utama Yogya relasi Yogyakarta - Pasarsenen berangkat pada 29 Maret 2021
- KA Sancaka, relasi Yogyakarta - Surabaya Gubeng PP berangkat pada 26-28 Maret 2021
- KA Mutiara Timur relasi Yogyakarta - Surabaya Gubeng - Ketapang berangkat pada 26-28 Maret 2021
- KA Progo relasi Lempuyangan- Pasarsenen berangkat pada 28 Maret 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya