SOLOPOS.COM - Kereta api Prameks singgah di Stasiun Purwosari, Solo. (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Transportasi kereta api Solo, ratusan calon penumpang KA ke Jogja kecele.

Solopos.com, SOLO–Ratusan calon penumpang Kereta Api (KA) Prambanan Ekspress (Prameks) di Stasiun Purwosari dan Balapan tujuan Jogja kecele karena tak mendapatkan tiket KA lokal tersebut, Sabtu (26/12/2015). Tingginya minat masyarakat untuk berlibur ke Kota Gudeg membuat tiket KA lokal tersebut segera ludes dibeli calon penumpang begitu loket penjualan tiket dibuka.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pantauan Solopos.com di Stasiun Purwosari, KA Prameks yang berangkat dari stasiun tersebut pukul 09.32 WIB penuh sesak oleh penumpang. Banyak penumpang yang terpaksa berdiri karena tidak kebagian tempat duduk.

Tak lama berselang, petugas di stasiun itu mengumumkan bahwa tiket KA Prameks tujuan Jogja yang berangkat pukul 12.18 WIB juga sudah habis terjual. Selain mengumumkan melalui pengeras suara, informasi habisnya tiket ditulis pula pada selembar kertas yang ditempel pada kaca loket 1 dan 2.

Meski demikian, antrean para calon penumpang KA Prameks masih saja panjang. Mereka mengantre untuk membeli tiket Prameks yang berangkat pukul 13.07 WIB. Loket pembelian tiket baru melayani pembeli pukul 10.07 WIB.

Banyak calon penumpang yang akhirnya pulang dengan tangan hampa. Mereka mengurungkan niat mereka berlibur ke Jogja. Namun, banyak pula penumpang yang rela antre di loket penjualan tiket.

Kondisi yang sama terjadi di Stasiun Balapan. Saat Solopos.com tiba di sana sekitar pukul 10.00 WIB, parkir sepeda motor telah ditutup karena penuh. Sebagian calon penumpang terpaksa parkir di depan Pasar Ayu yang berada di timur Stasiun Balapan.
Di stasiun, antrean panjang para pemburu tiket Prameks mengekor meski nampak pengumuman yang menyatakan tiket KA Prameks jadwal keberangkatan pukul 10.40 WIB dan 12.10 WIB telah habis terjual. Sebagian pergi dengan kecewa.

Sebagian lainnya akhirnya membeli tiket KA Prameks dengan jadwal keberangkatan pukul 13.00 WIB.
Salah seorang pengguna Prameks, Dheka, 27, mengatakan dirinya mudik ke Jogja untuk merayakan Natal.

Ia sudah menduga para pengguna Prameks akan bejubel seperti hari itu. Beruntung, ia berhasil mendapatkan tiket Prameks dengan jadwal keberangkatan pukul 12.10 WIB.

“Tadi antre dari pukul 10.00 WIB. Saya sudah menduga seperti ini karena tiap tahun [libur Natal dan tahun baru] biasanya seperti ini [bejubel],” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu.

Sementara itu, Wakil Kepala Stasiun Balapan, Sutrisno, mengatakan sudah memprediksi membludaknya animo masyarakat yang bakal menggunakan KA lokal seperti Prameks. Pihaknya memprediksi lonjakan penumpang terjadi mulai Minggu (20/12/2015) sampai Minggu (3/1/2015) tahun depan.

“Soalnya ini pas liburan akhir tahun berbarengan dengan liburan sekolah,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu.

Meski sudah terprediksi, pengelola stasiun maupun petugas dari Daops VI/Jogja tidak menambah rangkaian jumlah gerbong KA Prameks. Namun, mereka mengaktifkan KA Sidomukti pada 20 Desember 2015-3 Januari 2016 sekali dalam sehari, yaitu pukul 10.00 WIB. Biasanya KA itu hanya beroperasi setiap Minggu.

“Masyarakat memang lebih memilih KA Prameks karena harga yang lebih murah. Kalau Prameks sudah habis tiketnya, mereka baru mencari alternatif KA lainnya. Sebenarnya kan ada banyak KA yang bisa menantar sampai Jogja. Hanya tarifnya lebih mahal seperti KA Joglokerto, Madiun Jaya, Lodaya, Argo Lawu, Sancaka dan Malioboro Ekspress,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya