KA Pandanwangi Tabrak Motor di Jember, 3 Orang Terpendal & Meninggal

Kereta Api Pandanwangi tabarak sepeda motor di Desa Sumberlesung, Kabupaten Jember, tiga orang meninggal dunia.

 
Pintu perlintasan liar kereta api tanpa palang pintu di Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember yang menyebabkan tiga orang meninggal akibat tertabrak KA Pandanwangi rute Banyuwangi-Jember, Sabtu (13/8/2022). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

SOLOPOS.COM - Pintu perlintasan liar kereta api tanpa palang pintu di Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember yang menyebabkan tiga orang meninggal akibat tertabrak KA Pandanwangi rute Banyuwangi-Jember, Sabtu (13/8/2022). (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Solopos.com, JEMBER — Tiga orang meninggal dunia dalam kecelakaan antara Kereta Api Pandanwangi dengan sepeda motor di Desa Sumberlesung, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Para korban ini terpental cukup jauh setelah ditabrak kereta api.

Tiga orang yang meninggal dunia adalah M. Ayyil Muttaqin, 10 dan Isbat Fathoni, 20, keduanya warga Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo. Kemudian satu korban lain bernama Izzal Anggi, 9, warga Desa Ajung, Kecamatan Kalisat. Ketiganya terpental jauh dari lokasi tertabraknya kendaraan korban dengan KA Pandanwangi rute Banyuwangi-Jember.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Satu korban meningga dunia di lokasi kejadian dan dua korban sempat dibawa ke Rumah Sakit daerah dr. Soebandi Jember dalam kondisi kritis. Namun, keduanya dikabarkan meninggal dunia. Sehingga total tiga korban yang meninggal,” kata Kapolsek Ledokombo, AKP Setyono Budi Santoso, Minggu (14/8/2022).

Setyono mengatakan peristiwa nahas ini bermula saat sepeda motor yang dikendarai tiga orang itu melintas di perlintasan kereta api tanpa palang pintu. Tiba-tiba KA Pandanwangi melaju sehingga tabrakan tidak bisa dihindarkan pada Sabtu (13/8/2022).

Baca Juga: Uniknya Tari Keling, Pemainnya Harus dari Dusun di Ponorogo

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terutama saat melintasi di perlintasan tanpa palang pintu agar menengok ke kanan dan kekiri lebih dahulu untuk memastikan jalur itu aman,” kata dia.

Untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terulang, maka pihak Polsek Ledokombo akan berkoordinasi dengan pihak terkait, yakni muspika dan desa, serta pihak KAI untuk segera memasang palang pintu di perlintasan itu.

Pelaksana harian Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember, Tohari, mengatakan sejak Januari hingga 13 Agustus 2022 di wilayah kerja Daop 9 Jember telah terjadi kecelakaan baik di petak jalan (jalur KA) maupun di perlintasan sebidang sebanyak 52 kejadian dengan korban luka ringan sebanyak delapan orang dan 21 orang meninggal.

Baca Juga: Jelang HUT Ke-77 RI, Lokomotif KA Dicuci & Dihias Bertema Kemerdekaan

Jumlah kasus kecelakaan di jalur KA maupun perlintasan tahun 2022 meningkat dibandingkan tahun 2021 yang tercatat sebanyak 23 kejadian sepanjang Januari hingga Desember 2021.

“Kami menutup perlintasan sebidang di JPL 155c KM 198+7/8 antara Stasiun Jember – Arjasa yang berada di Jalan Mangga, Kelurahan Patrang, Kecamatan Patrang karena sebelumnya terjadi kecelakaan yang menyebabkan dua orang meninggal dunia,” katanya.

Sesuai UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, lanjut dia, pasal 114 poin b dan c disebutkan bahwa pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan jalan, pengemudi kendaraan wajib mendahulukan kereta api serta memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prakirana Cuaca Madiun Kamis: Cerah & Suhu Capai 33 Derajat Celcius

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Kamis 29 September 2022.

      Kampus Unesa di Magetan Mulai Dibangun, Tahun Depan Terima Mahasiswa Baru

      Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Kabupaten Magetan sudah mulai dibangun dan rencananya tahun depan sudah bisa terima mahasiswa baru.

      Bentrokan Antar Perguruan Silat di Kediri, 15 Pesilat Ditetapkan Jadi Tersangka

      Satreskrim Polres Kediri menetapkan 15 pesilat sebagai tersangka dalam kasus rentetan bentrok yang melibatkan antar perguruan silat.

      3 Hari 2 Kecelakaan Beruntun Terjadi di Madiun, 3 Tewas & 6 Kendaraan Ringsek

      Dua kali kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Madiun-Surabaya dalam tempo waktu tiga hari terakhir.

      Prakiraan Cuaca Madiun Rabu: Cerah dari Pagi & Berkabut Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Rabu 28 September 2022.

      Usai Sosialisasi Pemilu, Mobil Anggota KPU Probolinggo Alami Kecelalakaan

      Anggota KPU Probolinggo mengalami kecelakaan seusai melakukan sosialisasi Pemilu.

      Terima Suap Rp390 Juta, Hakim Itong Dituntut 7 Tahun Penjara & Denda Rp300 Juta

      Hakim nonaktif Pengadilan Negeri Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat, dituntut oleh jaksa KPK dengan hukuman tujuh tahun penjara dalam kasus dugaan suap.

      Menang Sayembara Desain Monumen Reog Ponorogo, Tim dari Bali dapat Rp100 Juta

      Sayembara desain Monumen Reog Ponorogo dimenangkan oleh tim dari Bali dengan karyanya berjudul Taman Ragam Selaras.

      Rumah di Malang Ludes Terbakar, Satu Penghuni Meninggal Dunia

      Rumah di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (27/9/2022) pagi, terbakar dan satu penghuninya meninggal dunia.

      Hakim Itong Isnaeni Dituntut 7 Tahun Penjara Gara-gara Kasus Suap

      Hakim nonaktif PN Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat, dituntut hukuman tujuh tahun penjara dalam sidang lanjutan dugaan korupsi di Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (27/9/2022).

      Misi Kebudayaan, Reog Ponorogo Sukses Pukau Penonton di Empat Negara Eropa

      Seniman reog Ponorogo sukses tampil di empat negara Eropa dalam misi kebudayaan.

      Lebih Tinggi dari GWK Bali, Intip Megahnya Desain Monumen Reog Ponorogo

      Begini megahnya desain Monumen Reog Ponorogo yang bakal dibangun di Kecamatan Sampung, Ponorogo.

      Pemkot Surabaya Gelar Sayembara Desain Patung Bung Karno, Berhadiah Rp100 Juta

      Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membangun patung Bung Karno di tengah perempatan di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (Merr) dan Jalan Raya Kertajaya Indah.

      Kecelakaan Beruntun Libatkan 3 Kendaraan Terjadi di Madiun, 2 Orang Meninggal

      Kecelakaan beruntun terjadi lagi di Madiun, kali ini terjadi di Jalan Raya Madiun-Surabaya tepatnya di Desa Tiron dan mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

      94 Jemaah Umrah Gagal Berangkat di Bandara Juanda, Ini Alasannya

      Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) melaporkan sebanyak 94 umat pelaku jemaah umrah di Bandara Juanda Surabaya gagal berangkat akibat tidak adanya petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

      Kalahkan GWK di Bali, Monumen Reog Ponorogo Dibangun Setinggi 126 Meter

      Monumen Reog Ponorogo bakal dibangun dengan arsitektur yang estetik dan ketinggiannya mencapai 126 meter.