SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mempersiapkan operasional kereta ekstra untuk musim Lebaran tahun ini. Pejabat Humas PT KAI Daop VI Jogja, Eko Budiyanto, menyampaikan PT KAI siap mengoperasikan empat kereta ekstra kelas eksekutif untuk musim Lebaran tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kereta tersebut yakni Argo Lawu Solo-Jakarta, Argodwipangga Solo-Jakarta, Sancaka Jogja-Surabaya, dan Lodaya Solo-Bandung. “Yang sudah pasti untuk wilayah Daop VI adalah Argo Lawu yang akan beroperasi mulai 14 Agustus hingga 26 Agustus. Untuk kereta yang lainnya, masih di bahas di tingkat pusat,” kata Eko, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (19/6/2012).

Dia mengatakan, Argo Lawu ekstra rute Solo-Jakarta itu akan berangkat dari Stasiun Solo Balapan pada jam perjalanan malam, berkisar pukul 21.30 WIB. Dia menambahkan, kereta ekstra tersebut akan menampung penumpang dengan kapasitas 700 kursi untuk Argo Lawu, 700 kursi untuk Argodwipangga, 1.824 kursi untuk Sancaka dan 1.876 kursi untuk Lodaya.

“Untuk wilayah Daop VI Jogja, penambahan kereta api ekstra untuk Lebaran hanya untuk kelas eksekutif. Untuk kereta ekonomi ekstra yang sedianya dijalankan 12 Agustus hingga 27 Agustus, tapi untuk Daop VI Jogja belum dapat jatah,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Kepala Stasiun Balapan Solo, Rustanto mengatakan dia belum menerima informasi yang pasti mengenai rencana operasional kereta ekstra Lebaran. Tapi, menurut dia, kereta ekstra bisa menjadi alternatif bagi calon penumpang kereta api yang belum kebagian tiket kereta. Dia menjelaskan, kereta reguler untuk H+1 hingga H+6 Lebaran, sudah ludes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya