SOLOPOS.COM - KRDI -- Kereta Rel Disel Indonesia (KRDI) hasil produksi PT Industri Kereta Api (Inka) seperti Madiun Jaya (gambar) ini yang akan melayani rute Jogja-Purwokerto. Rute baru ini direncanakan direalisasikan tahun ini. (JIBI/SOLOPOS/dok)

KRDI -- Kereta Rel Disel Indonesia (KRDI) hasil produksi PT Industri Kereta Api (Inka) seperti Madiun Jaya (gambar) ini yang akan melayani rute Jogja-Purwokerto. Rute baru ini direncanakan direalisasikan tahun ini. (JIBI/SOLOPOS/dok)

PURWOKERTO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera mengoperasikan Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) yang akan melayani jurusan Jogja-Purwokerto dan sebaliknya.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Kami belum tahu pasti kapan pengoperasiannya, namun dalam programnya akan dilaksanakan tahun ini,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Selasa (24/1/2012). KRDI yang akan diberangkatkan dari Jogja oleh PT KAI Daops 6 Yogyakarta ini direncanakan melayani penumpang sebanyak dua rit.

Jadwal perjalanan KRDI tersebut akan disesuaikan dengan jadwal KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember yang biasa melayani masyarakat dari Purwokerto menuju Jogja dan sebaliknya. Dengan pengoperasian KRDI ini, kata Surono, jarak tempuh Purwokerto-Jogja dan sebaliknya berkisar antara 2,5 jam hingga tiga jam sehingga lebih cepat jika dibanding menggunakan bus. “Apalagi jika jalur ganda Purwokerto-Kutoarjo telah dibangun, jarak tempuh diperkirakan berkisar antara dua jam hingga 2,5 jam,” katanya.

Menurut dia, pengoperasian KRDI kelak diharapkan dapat mendukung transportasi bagi masyarakat yang ingin berwisata maupun para mahasiswa yang kuliah di Purwokerto atau Jogja. Terkait rencana pembangunan jalur ganda Purwokerto-Kutoarjo, dia mengatakan, hal itu diperkirakan mulai dilaksanakan pada tahun 2013. “Tahun ini memasuki tahap perencanaan desain. Mudah-mudahan tahun 2013 sudah mulai pembangunannya,” kata dia menjelaskan.

Ia mengatakan, jalur ganda Purwokerto-Kutoarjo merupakan salah satu proyek tersulit karena harus membuat jembatan kereta yang melintasi Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas. Selain itu, kata dia, proyek jalur ganda Purwokerto-Kutoarjo juga membangun tiga buah terowongan yang berlokasi di Notog dan Kebasen, Kabupaten Banyumas, serta Ijo di Kabupaten Kebumen. “Khusus untuk Ijo, nantinya akan dibangun terowongan baru yang bisa digunakan untuk dua jalur sekaligus,” katanya.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya