KA BIAS Jalan Lagi, Okupansi Jauh dari Normal
Konter penjualan tiket KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) di Stasiun KA Bandara, Selasa (12/1/2021). (Solopos.com/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO — Okupansi KA Bandara Internasional Adi Soemarmo atau BIAS belum kembali normal setelah dioperasikan lagi mulai 1 Januari 2021 lalu. Meskipun demikian, para penumpang pesawat terbang sudah banyak yang memanfaatkan kereta api ini. Baik dari Stasiun Solo Balapan atau pun Stasiun Klaten.

Kepala Stasiun KA Bandara, Helly Indrayanto, mengatakan banyak masyarakat yang kembali menggunakan KA BIAS untuk transportasi mereka. Meskipun demikian, okupansi memang masih jauh dari normal.

“Jumlah penumpang KA BIAS rata-rata sebanyak 30 - 40 orang per hari. Iya, ini masih landai karena KA ini juga baru jalan awal Januari 2021 ini setelah mandeg sejak Maret 2020,” ujar dia, kepada Solopos.com, Selasa (12/1/2021).

Helly menjelaskan mereka yang naik KA BIAS didominasi penumpang maskapai penerbangan. Meskipun demikian, ada pula penumpang umum yang memanfaatkan moda transportasi tersebut.

Bandara Adi Soemarmo Siap PPKM, Kapasitas di Bawah 50%

Menurutnya, belum normalnya okupansi KA BIAS karena adanya pandemi Covid-19. Selain itu, trafik maskapai serta jadwal penerbangan di Bandara Adi Soemarmo juga masih sedikit.

Sebelumnya, operasional KA BIAS disetop sejak Maret 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19. KA yang melayani rute Bandara Adi Soemarmo - Stasiun Solo Balapan - Stasiun Klaten ini jalan lagi mulai Jumat (1/1/2021).

Kereta api ini kembali jalan dengan tiga relasi, yakni Bandara Adi Soemarmo - Klaten pergi pulang (PP), Solo Balapan - Klaten PP, dan Bandara Adi Soemarmo - Solo Balapan PP.

Pastikan! Keamanan Jalur Evakuasi Gunung Merapi, di Kecamatan Selo

Jadwal Keberangkatan

Di sisi lain, tarif KA BIAS ini berbeda-beda. Relasi Bandara Adi Soemarmo - Klaten Rp15.000, Solo Balapan - Klaten Rp8.000, dan Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo Rp7.000. Selain itu, untuk relasi Bandara Adi Soemarmo - Klaten ada 22 perjalanan, relasi Solo Balapan - Klaten 2 perjalanan, dan Bandara Adi Soemarmo - Solo Balapan 10 perjalanan.

Sedangkan jadwal keberangkatan KA relasi Bandara Adi Soemarmo-Klaten paling pagi dari bandara pada pukul 04.59 WIB. Sementara keberangkatan paling terakhir dari Bandara Adi Soemarmo - Klaten pukul 21.01 WIB dan pukul 22.58 WIB dari bandara - Stasiun Solo Balapan.

Mengaku Anak Kandung, Berhasil Tipu ART Hingga Rp11,5 Juta

Kemudian keberangkatan dari Klaten menuju Bandara Adi Soemarmo paling pagi pukul 05.35 WIB, sementara terakhir pukul 18. 36 WIB. Selain itu, jika dari Stasiun Solo Balapan - Bandara Adi Soemarmo paling pagi pukul 04.25 WIB dan keberangkatan terakhir pukul 22.27 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daops VI, Supriyanto, menambahkan para penumpang yang akan melakukan pembelian tiket dapat melalui aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan atau go show di loket stasiun.

“Dengan perjalanan KA BIAS yang beragam dari Klaten – Solo Balapan – Bandara Adi Soemarmo maupun sebaliknya, masyarakat dapat menyesuaikan jadwal penerbangannya di Bandara Adi Soemarmo,” jelas dia.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom