KA Bandara Solo Beroperasi Lagi, Simpang Joglo Macet?
Petugas Supeltas Simpang Joglo Solo mengatur lalu lintas di kawasan Simpang Joglo usai kereta api melintas pada Rabu (13/1/2021). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Lalu lintas simpang Joglo, Kadipiro, Banjarsari, Solo, terpantau ramai lancar meski Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo sudah beroperasi kembali melayani penumpang.

Tidak terjadi kemacetan parah meski kereta itu mondar-mandir beberapa kali melewati simpang tujuh tersebut. Dugaannya, hal itu karena saat ini masih pandemi virus corona serta masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau PSBB.

Petugas Supeltas Simpang Joglo, Sutrisno, saat ditemui Solopos.com, Rabu (13/1/2021), mengatakan beroperasinya kembali kereta bandara per 1 Januari tidak terlalu berpengaruh pada kemacetan kawasan Simpang Joglo.

Vaksinasi Covid-19 Diundur Februari, Nakes Sukoharjo Kecewa

Kepadatan lalu lintas simpang Joglo, Solo, hanya terjadi sekitar pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sekretaris Supeltas Kota Solo itu menjelaskan saat terjadi kepadatan ia bersama lima rekannya segera membagi tugas pada setiap ruas jalan untuk mengurai kepadatan.

“Anak-anak kan belum mulai sekolah, ini juga PPKM. Jadi lalu lintas cenderung lancar. Tetapi jam tertentu ya padat, jam pulang kerja padat,” paparnya mewakili Ketua Supeltas Solo, Sugeng Prihatin.

Penumpukan Kendaraan

Ia menambahkan kendaraan berat kini melalui jalan tol sehingga cukup jarang terjadi penumpukan kendaraan. Sutrisno menambahkan Supeltas kawasan Joglo telah menguasai kondisi lapangan.

10.000-An Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Solo Selasa Malam

Menurutnya, peningkatan volume kendaraan sempat terjadi seusai kereta bandara maupun kereta lain melintasi Simpang Joglo Solo. Namun, hal itu tidak menjadi kendala petugas untuk mengurai kemacetan.

Ia menambahkan petugas perlintasan kereta api pun kerap berkoordinasi agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas pada kawasan itu. Kepadatan lalu lintas biasanya diperparah perilaku pengguna jalan yang tidak tertib lalu lintas dan tidak mau bersabar.

Sutrisno meminta pengguna jalan untuk sedikit menghormati para Supeltas yang tengah bertugas tanpa gaji. Menurutnya, jika pengguna jalan mau sedikir bersabar dan mau diatur Supeltas hal itu sangat membantu.

Pecah Rekor! Positif Covid-19 Solo Tambah 250 Orang Dalam Sehari

Berdasarkan pantauan Solopos.com sekitar pukul 12.00 WIB, KA Bandara melintasi kawasan Simpang Joglo Solo. Lalu lintas tetap mengalir tanpa ada penumpukan kendaraan

Tiga Relasi

KA Bandara yang melayani rute Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan-Stasiun Klaten ini jalan lagi mulai Jumat (1/1/2021). KA ini melayani tiga relasi, yakni Bandara Adi Soemarmo-Klaten pergi pulang (PP), Solo Balapan-Klaten PP, dan Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan PP.

Supra Vs RX King Tabrakan di Jl Letjen Sutoyo Solo, 2 Orang Cedera Kepala

KA Bandara untuk relasi Bandara Adi Soemarmo-Klaten ada 22 perjalanan, relasi Solo Balapan-Klaten dua perjalanan, dan Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan 10 perjalanan. Sedangkan jadwal keberangkatan KA relasi Bandara Adi Soemarmo-Klaten paling pagi dari bandara berangkat pukul 04.59 WIB.

Sementara keberangkatan paling terakhir dari Bandara Adi Soemarmo-Klaten pukul 21.01 WIB dan pukul 22.58 WIB dari bandara-Stasiun Solo Balapan.

Keberangkatan dari Klaten menuju Bandara Adi Soemarmo paling pagi pukul 05.35 WIB, dan terakhir pukul 18. 36 WIB. Dari Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo paling pagi pukul 04.25 WIB dan keberangkatan terakhir pukul 22.27 WIB.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom