Grafis kereta bandara (Whisnu Paksa/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana mengoperasikan KA Bandara Solo sebanyak 60 kali perjalanan pergi pulang (PP) dalam sehari.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan jadwal keberangkatan KA Bandara Solo dari Stasiun Solo Balapan dimulai pukul 04.25 WIB dan terakhir pukul 23.14 WIB.

Sedangkan KA dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo berangkat pukul 04.53 WIB dan terakhir pukul 23.42 WIB. Adapun waktu tunggu per trip selama 19 menit.

“Semua boleh naik KA Bandara asal punya tiket, jadi tidak hanya penumpang yang memegang tiket pesawat terbang yang boleh naik,” paparnya, Kamis (5/12/2019).

Eko menambahkan pihaknya telah menyiapkan empat train set untuk melayani dua bandara, yakni masing-masing dua train set untuk relasi Solo Balapan–Stasiun Bandara Adi Soemarmo dan Yogyakarta–Wojo (Bandara Yogyakarta International Airport). KA Bandara ini menggunakan KA yang kini difungsikan sebagai KA Solo Ekspres relasi Solo-Jogja pergi pulang.

Menurutnya, KA Solo Ekspres yang bakal jadi KA Bandara ini merupakan kereta rel diesel elektrik (KRDE) buatan PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun. KA ini memiliki kapasitas total 396 penumpang, yakni 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri.

Di samping itu, kereta ini memiliki berbagai fasilitas antara lain, pendingin udara, TV, stop kontak, dan toilet. Kereta ini juga mengakomodasikan kepentingan penumpang berkebutuhan khusus dengan disediakannya area bagi penumpang berkursi roda.

“Jarak Solo Balapan dengan bandara sekitar 12,997 km. Nantinya melewati tiga stasiun, yakni Solo Balapan, Kadipiro, dan Bandara,” jelasnya.

Diberitakan, KA Bandara Adi Soemarmo bakal dioperasikan mulai Jumat (20/12/2019) mendatang. Peluncuran KA Bandara yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (24/12/2019).

“Semua sudah siap, stasiun oke, treknya juga sudah rampung pengerjaannya. Kami rencanakan KA Bandara operasi dulu, baru diresmikan,” ujar General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, saat ditemui wartawan, di kantor Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Kamis.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten