SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KULONPROGO — Kereta api bandara mulai beroperasi pada Senin (6/5/2019) berbarengan dengan beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo. Tak hanya untuk penumpang pesawat, masyarakat umum juga bisa menumpang kereta bandara ini.

EVP PT KAI Daop 6 Eko Purwanto mengatakan KA bandara sudah disiapkan baik dari sisi sarana maupun prasarana. Titik awal pemberangkatan KA bandara berasal dari Stasiun Maguwo dan akan berhenti di Stasiun Tugu, Wates, dan terakhir di Wojo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hari ini, tanggal 6 ada penerbangan Citilink. Kami mengikuti jadwal penerbangan itu,” ujar dia kepada wartawan, Senin (6/5/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Eko menjelaskan KA Bandara dioperasionalkan dengan satu trainset. Ada empat gerbong dalam satu rangkaian tersebut seperti Solo Ekspres. KA Bandara ini merupakan KA yang didesain khusus untuk penumpang pesawat. Namun karena berhenti juga di Wates, Kulonprogo, tidak menutup kemungkinan penumpang reguler bisa memanfaatkan KA tersebut.

Adapun waktu tempuh dari Maguwo hingga Wojo sekitar 45 menit, sedangkan dari Tugu ke Wojo sekitar 30 menit. “Warga bisa memakai KA ini asal mau membayar sesuai tarif KA bandara yaitu Rp30.000. Tetapi, saat ini masih promo diskon 50 persen,” jelas dia.

Eko menjelaskan KA bandara memiliki kapasitas 196 tempat duduk. Ada juga kapasitas untuk penumpang berdiri sebanyak 50% dari kapasitas tempat duduk. KA ini memang didesain untuk KA bandara sehingga ada tempat koper. “Ke depan kalau penerbangan tambah dan banyak, kami sudah antisipasi akan siapkan dan sinkronkan dengan penerbangan sehingga penumpang terlayani dengan baik,” ujar dia.

Lantaran baru ada satu penerbangan, rangkaian KA yang ada sekarang dinilai sudah cukup. KA bandara akan tiba di Stasiun Wojo 1,5 jam sebelum jadwal keberangkatan pesawat sehingga masih bisa mengakomodasi waktu penumpang untuk mengikuti penerbangan. Ketika penumpang pesawat turun, KA bandara sudah tersedia di stasiun sehingga penumpang merasa nyaman.

“KA bandara akan datang dan berangkat dari peron satu di Stasiun Tugu. Ada ruang tunggu khusus di setiap stasiun berhenti. Di dalam ruang tunggu ada tempat duduk, AC, toilet, dan TV untuk menampilkan jadwal penerbangan,” jelas dia.

Ketika penumpang pesawat sampai di stasiun dan memesan tiket, akan ada kode khusus. Petugas akan mengarahkan ke ruang tunggu khusus penumpang pesawat. Untuk pintu masuk masih menggunakan gate reguler. “Untuk hari ini pembelian masih go show. Tetapi ke depan bisa membeli secara online. Saya harap ke depan ada tiket bundling dengan DAMRI, jadi penumpang tidak perlu repot,” jelas dia.

KA bandara ini pun sudah melayani penumpang. Salah satu penumpang KA bandara yang naik dari Stasiun Tugu, I Gusti Agung Premananda, mengaku awalnya kesusahan untuk mendapatkan informasi mengenai angkutan ke YIA. Ia baru mendapat kepastian jadwal KA bandara pada Minggu (5/5/2019) malam.

Namun, ia merasa adanya KA bandara sangat membantu para penumpang. “Adanya KA Bandara ini sangat bagus. Karena jaraknya jauh dan dengan harga Rp15.000 sangat sepadan,” ujar dia.

Pria asal Bali ini sengaja datang ke Jogja untuk merasakan penerbangan perdana dari YIA Kulonprogo ke Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. Pria yang juga seorang YouTuber ini ingin mereview bagaimana kondisi bandara YIA dalam minimim operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya