Kategori: Musik

K-POP : Lagu Solo Taeyeon Jiplak Lagu India?


Solopos.com/Septina Arifiani/JIBI/Solopos.com

K-Pop kembali diwarnai isu plagiat. Kini isu tersebut menghinggapi artis S.M. Entertainment, Taeyeon.

Solopos.com, SOLO – Kontroversi plagiarisme kembali ramai di dunia musik Korean Popular (K-Pop), kali ini isu tersebut menghinggapi salah satu artis S.M. Entertainment, Taeyeon. Lagu solo Taeyeon berjudul I dituding menjiplak lagu Vaadi Pulla Vaadi yang dinyanyikan duo vokal India, Tamizha.

Kabar itu berembus kencang saat salah satu pengguna Internet (netizen) memposting pertanyaan, "apakah lagu Taeyeon berjudul I menjiplak?” Dijelaskan pula dalam pertanyaan tersebut lagu India dengan yang dibawakan oleh Tamiza memiliki melodi yang sama persis dengan lagu I milik Taeyeon. Padahal lagu tersebut sudah ada sejak 2014, jauh sebelum lagu Taeyeon keluar.

Atas tuduhan tersebut seorang komposer, Myah Marie, memberikan screen capture melodi lagu tersebut memang bebas royalti atau siapapun bisa menggunakannya. Myah juga menegaskan bahwa melodi tersebut sudah ada sejak 2012 silam.

Beberapa netizen lain pun menimpali jika maanjemen K-Pop S.M. Entertainment bisa saja membeli beberapa lagu. Jadi S.M. Entertainment bisa saja membelinya secara hukum bukan menjiplak.

Share
Dipublikasikan oleh
Septina Arifiani