SOLOPOS.COM - Artis-artis YG dan SM Entertainment (Soompi)

Solopos.com, SOLO— Perkembangan yang luar biasa dari dunia musik Korea Selatan beraliran Korean Popular (K-Pop) mulai disejajarkan dengan musik di belahan bumi barat.

Secara kuantitatif lembaga hiburan Korea Selatan mampu meraup pendapatan yang sangat fantastis mencapai USD$ 188,6 juta atau sekitar 2 triliun rupiah lebih pertahun. Apalagi jika ada artis yang sedang naik daun di Korea Selatan, artis tersebut bisa menghabiskan waktu lebih dari setengah tahun untuk tur keliling dunia.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Namun di antara seluruh industri musik Korea Selatan, terdapat 5 yang menjadi paling berpengaruh. Berita lokal Daily Sports, Korea selatan merilis industri musik paling berpengaruh di Korea Selatan seperti dilansir soompi, Minggu (3/11/2013):

SM Entertainment

SM Entertainment merupakan agensi entertainmen paling berpengaruh di Korea Selatan. Agensi ini memiliki saham sekitar USD$ 700juta atau setara Rp77miliar lebih. SM Entertainment menjadi agensi yang terpenting di Korea Selatan karena kepopuleran artis maupun aktor mereka, seperti DBSK, Super Junior dan Girls’ Generations yang banyak melakukan tur keluar negeri.

YG Entertainment
YG Entertainment adalah agensi hiburan yang ada dibawah SM Entertainment. Jika SM melatih penyanyi untuk musik populer, YG Entertainment lebih khusus untuk musik hip-hop dan R & B. YG berhasil mempopulerkan bintang-bintang seperti PSY, G-Dragon, Big Bang, dan 2NE1. Meskipun tak sebesar SM, namun, YG telah menghasilkan musik yang unik dan trendi.

Melon
Melon merupakan perusahaan distribusi musik terbesar di Korea Selatan. Pelanggannya tercatat sebanyak 2.300.000 dan pangsa pasar perusahaan mereka sekitar 59%. Melon Bugs Music dan Mnet memiliki pangsa pasar sekitar 10-13%. Mereka menyediakan sekitar 2.600.000 lagu melalui berbagai media seperti PC, aplikasi mobile, dan smart TV. Selain itu, mereka menyediakan tangga lagu musik berdasarkan pilihan konsumen.

G-Dragon
G-Dragon memang layak disebut presiden muda. Ia memiliki pengaruh besar pada remaja. G-Dragon memang sudah populer di seluruh penjuru dunia sebagai anggota boy band Big Bang, tapi dengan album solo terbarunya Coup d’Etat, ia telah berhasil mengambil alih industri musik Korea. Dari 12 lagu di album barunya, empat lagunya Black, Who You, Crooked dan Niliria telah bersaing di berbagai chart musik. Tak hanya musiknya sangat populer, G-Dragon selalu dibicarakan karena selera mode yang sangat bagus.

EXO
Hanya butuh dua tahun setelah debut mereka, Exo telah berhasil meraih pasar musik Asia. Lagu terbaru mereka Growl, telah meraih tiga penghargaan pada tiga program musik utama yakni M Countdown, Inkigayo dan Show Music Core. Album pertama mereka, XOXO (Kiss & Hug) beserta album repackage terjual lebih dari 730.000 kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya