SOLOPOS.COM - (Thinkstock)

(Thinkstock)

Jus jambu  merah, selain segar untuk dinikmati juga menyimpan aneka nutrisi hebat. Bisa mencegah sederetan penyakit, seperti flu, batuk, konstipasi, darah tinggi, hingga kanker dan diabetes. Wow!

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lycopene di dalam jambu merahlah yang jadi penyebab buah ini bisa mencegah kanker. Antioksidan lycopene di dalamnya bisa dengan mudah diserap tubuh. Hasil terbaik bisa didapat jika jambu merah dinikmati langsung, namun bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus.

Ekspedisi Mudik 2024

Asupan lycopene ke dalam tubuh berhubungan dengan penurunan risiko kanker prostat. Selain itu lycopene juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Lycopene baik bagi kesehatan karena bisa menumpas radikal bebas yang memicu kanker dan masalah pada kesehatan jantung.

Bagaimana dengan penyakit diabetes?

Lifemojo.com, seperti diberitakan detikFood, akhir pekan kemarin menyebut jika setelah dilakukan serangkaian penelitian pada tikus, rupanya jambu biji merah bisa menurunkan tingkat glukosa darah.

Namun hati-hati, usahakan untuk tidak memakan bagian kulit jambunya. Menurut penelitian dari Medicinal Research Laboratory di University of Allahabad, mengonsumsi jambu merah dengan kulitnya justru gula darah bisa meningkat. Hal tersebut terlihat pada tikus percobaan yang digunakan dalam penelitian.

Nutrisi lain yang dikandung jambu merah antara lain serat yang tinggi, juga antioksidan, vitamin C, dan mineral. Karenanya, tak ada salahnya untuk sering mengonsumsi jambu merah. Sebaiknya jika membuat jus dengan jambu ini jangan menambahkan gula lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya