SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok Solopos)

Ilustrasi (Dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Jumlah mahasiswa yang masuk pada Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukkan, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo pada tahun 2011/2012 kali ini menurun dibandingkan sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembantu Rektor I ISI Solo, Prof Dr Sri Rochana Widyastutieningrum, SKar MHum mengatakan jumlah mahasiswa Jurusan Pedalangan paling sedikit dibandingkan mahasiswa jurusan lain di fakultas yang sama. Dia menambahkan, tahun ini ISI Solo merekrut 13 mahasiswa Jurusan Pedalangan.

“Memang jumlah mahasiswa Jurusan Pedalangan kali ini menurun dibanding tahun lalu. Tahun lalu ada sekitar 17 mahasiswa, tapi sekarang ada 13 orang. Kalau keseluruhan mahasiswa sekarang yang masuk ke sini ada 334 orang,” jelas Rochana saat dijumpai wartawan di sela-sela acara Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan (PPSPS) ISI Solo, Kamis (15/9/2011).

Rochana melanjutkan, minimnya mahasiswa di Jurusan Pedalangan antara lain karena seorang yang akan masuk jurusan itu perlu bakat khusus mengenai seni pedalangan. Selain bakat, lanjutnya, biasanya mahasiswa yang memilih jurusan ini memiliki latar belakang keluarga seni dalang.

“Kalau tak punya bakat dan latar belakangnya bukan orang dalang, memang akan sulit, jarang yang mau ambil jurusan ini. Mekipun demikian, bagi kami jumlah 13 orang itu sudah cukup. Bila dibandingkan dengan jumlah mahasiswa Jurusan Pedalangan di perguruan tinggi seni lainnya di Indonesia, di sini paling banyak,” papar Rochana.

(hkt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya