Jurnalis DIY Ziarah ke Makam Ki Hajar Dewantara

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ziarah ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional

Harianjogja.com, JOGJA-Puluhan jurnalis dari berbagai media massa di DIY berziarah ke makam Ki Hajar Dewantara di Taman Makam Wijaya Brata di Tahunan, Umbulharjo, Selasa (20/2/2018) pagi. Ziarah ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, salah satunya mengunjungi tokoh-tokoh pers yang sudah wafat.

Ki Hajar Dewantara atau nama kecilnya Raden Mas Suwardi Suryaningrat, yang lahir di Jogja 2 Mei 1889 merupakan pawlawan nasional ke-2. Hari lahirnya kini diabadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Ki Hajar Dewantara juga merupakan salah satu tokoh pers. Pada masa perjuangan ia sempat aktif menulis dan menjadi pemimpin Harian De Ekspres di Bandung pada 1912 silam. Ia juga sempat menjadi redaktur di Bataviaasch Niewsblad. Salah satu artikelnya yang fenomenal pada 1913, yakni ‘Andaikata Aku Seorang Belanda’.

Tulisan tersebut sebagai kritik Ki Hajar Dewantara pada Belanda yang kala itu akan memperingati 100 tahun kemerdekaan Belanda di Indonesia. “Sepak terjang beliau dan para tokoh pers lainnya patut kita teladani. Mereka telah menulis sesuatu yang diorientasikan untuk bangsa dan negara,” kata Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY, Sihono, seusai ziarah.

Ziarah dan tabur bunga ini tidak hanya diikuti oleh para jurnalis, tetapi juga sejumlah elemen masyarakat, di antaranya Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana dan mantan Bupati Bantul Sri Surya Widati. Keduanya juga mewakili keluarga Samawi yang merupakan pendiri Kedaulatan Rakyat.

Makam Samawi masih satu kompleks dengan makam Ki Hajar Dewantara. Selain itu, tokoh pers lainnya yang diziarahi di antaranya adalah Ki Mashuri Darmosugito (Pusara), Sundoro (Pusara), Ki RP Sudarma (Pusara), Bramono (KR), Wonohito (KR), Soedarisma Poerwokoesoemo (Sedyatama), Kusfandi (Bernas), Soegiyono (KNI, Antara), Wardoyo (RRI), Azis Arsyad (Pelopor Jogja), Handung Kussudyarsono (Mekarsari), Purbatin Hadi (Minggu Pagi), dan Muhammad Syafruddin alias Udin di makam Trirenggo Bantul.

Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Ia mengatakan, jurnalis sebagai salah satu pilar demokrasi agar tetap menjaga profesionalitas dalam bertugas serta mengawal tegaknya NKRI. “Ke depan tantangan wartawan semakin berat, tetapi tetap harus menjaga profesionalitas,” kata Yoeke.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Kisah Kades Gempol Klaten yang Diprimpeni Arwah Leluhur saat Jalani Isoman

Kepala Desa (Kades) Gempol, Kecamatan Karanganom, Edy Suryanta, merupakan salah seorang penyintas Covid-19 di desanya, Jumat (17/9/2021).

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Seorang pelajar SMA yang diketahui bernama Desi menjadi sorotan karena keterampilannya jadi MUA. 

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Bikin Penasaran! Wisata Curug Sirawe Batang Tawarkan Pesona Aliran Air Panas dan Dingin Terjun Bersama

Wisata Curug Sirawer Batang memiliki keunikan yakni curug air panas yang bersuhu tinggi dan satu curug bersuhu sangat dingin mengucur bersamaan.

Prediksi PSIS Vs Perisraja: Paulo Henrique Jadi Ancaman Mahesa Jenar

PSIS Semarang akan tampil penuh motivasi melawan Persiraja Banda Aceh menyusul hasil positif yang mereka raih di dua laga sebelumnya.

Pakai Brand Louis Vuitton, Item Fashion Luna Maya Jadi Sorotan Warganet

Luna Maya diketahui mengenakan item fashion keluaran Louis Vuitton saat berpose dengan latar belakang jalanan New York City, Amerika Serikat.

Tsunami akibat Gempa Megathrust Mengancam, 7 dari 8 EWS di Kulonprogo Malah Rusak

Tujuh dari delapan sistem peringatan dini di pantai selatan Kulonprogo rusak. Padahal ancaman gempa megathrust yang berpotensi tsunami membayangi.

Indosat dan Tri Merger, Potensi Pendapatan Rp42 Triliun

Indosat dan Tri merger dan akan hadir dengan perusahaan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk.