SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menggagas berdirinya taman hiburan yang mirip dengan Jurassic Park maupun kampung tokoh animasi, Flinstone, di kawasan Museum Purbakala Sangiran, Kabupaten Sragen. Dengan adanya taman hiburan itu, Ganjar pun optimistis Museum Purbakala Sangiran akan semakin menarik minat wisatawan.

Ganjar mengatakan Museum Purbakala di Sangiran sebenarnya masuk dalam daftar destinasi wisata yang digarap serius pemerintah pusat dan daerah. Bersama Borobudur, Dieng, dan Karimunjawa, Sangiran disiapkan menjadi Bali Baru di Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sangiran ini masuk dalam destinasi unggulan di Indonesia. Namun mohon maaf, kalau hanya seperti ini tidak akan cukup,” ujar Ganjar saat menghadiri Rapat Pengembangan Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) Solo-Sangiran di Museum Purbakala Sangiran, Senin (19/8/2019).

Menurut Ganjar, Sangiran selama ini hanya menarik bagi para peneliti dan arkeolog. Sementara untuk wisata, Sangiran masih sangat kurang terkenal dan tidak banyak dikunjungi wisatawan.

“Sangiran jangan hanya untuk peneliti, harus dikonsep dan dikembangkan agar semua wisatawan tertarik berkunjung ke sini. Event dan atraksi budaya memang penting disiapkan,” terangnya.

Sangiran lanjut dia sebagai tempat sudah sangat menarik. Di lokasi itu, ada area purbakala sebesar 59 km persegi.

“Saya usul saja, agar menarik bagaimana kalau disini dibuat taman purbakala yang ngepop yang banyak orang suka. Kalau bicara kepurbakalaan yang ngepop, contohnya ya seperti Flintstones dan Jurassic Park,” ucap Ganjar.

Ganjar menambahkan lokasi Sangiran sangat memungkinkan untuk dibuat wahana seperti di film animasi Flinstone maupun Jurassic Park. Meski demikian, tidak perlu dibuat sama persis dan harus mengedepankan kearifan lokal.

Dengan adanya lokasi yang menarik seperti Flintstone dan Jurassic Park, maka anak-anak akan senang berkunjung ke Sangiran. Hal itu dapat pula ditambahi dengan aneka kegiatan berburu benda purbakala.

“Kalau itu ada, tentu orang akan tertarik datang ke sini. Selama ini orang ke Sangiran kan hanya melihat kerangka saja, ya menurut saya kurang menarik. Harus muncul ide-ide segar untuk pengembangan kawasan ini,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya