Junjung Tinggi Kesetaraan Gender, Prodia Raih Predikat Gold pada SDGs Awards 2021

Prodia meraih predikat Gold dalam kategori Partisipasi dan Kesempatan bagi Perempuan untuk Memimpin Perusahaan pada ajang Indonesia Sustainable Development Goals (SDGs) Awards 2021.

 Ilustrasi pelayanan di Prodia (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelayanan di Prodia (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) meraih predikat Gold dalam kategori Partisipasi dan Kesempatan bagi Perempuan untuk Memimpin Perusahaan pada ajang Indonesia Sustainable Development Goals (SDGs) Awards 2021.

Ajang itu diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebagai lead sector dalam SDGs di Indonesia serta kerja sama dengan Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian dan lembaga pegiat SDGs lainnya.

Indonesia SDGs Awards bertujuan mengapresiasi dunia usaha yang telah berkontribusi pada pencapaian SDGs di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum CFCD Thendri Supriatno dan para Direktur Utama perusahaan BUMN dan swasta.

Baca Juga: Punya Plafon Hingga Rp500 Juta, Ini Syarat dan Cara Pengajuan KUR Bank Jateng

”Kami berterima kasih kepada Corporate Forum for CSR Development, Kementerian Bappenas, Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian, dan pihak terkait yang telah secara berkala memberikan apresiasi bagi perusahaan yang berkomitmen dalam mendukung pencapaian SDGs di Indonesia. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berperan dan mengambil bagian dalam penerapan kesetaraan gender di Indonesia,” ujar Legal Head & Corporate Secretary Prodia Marina Eka Amalia di sela-sela acara Indonesia SDGs Awards 2021 (17/9/2021) dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Menurut Marina, Prodia memegang teguh prinsip kesetaraan dan non diskriminatif serta membuka seluas-luasnya kesempatan bagi Insan Prodia untuk berkarya di Prodia. Sebagian besar karyawan perempuan di Prodia terlibat dalam pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan mengenai layanan kesehatan serta pengembangan riset dan tes-tes baru.

“Hal ini membuktikan bahwa perempuan juga memiliki kapasitas dan kompetensi dalam memimpin perusahaan,” tutur Marina

Baca Juga: Naik Lagi? Cek Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Rabu 22 September 2021

Terus Mengembangkan SDM

Proses penilaian untuk Indonesia SDGs Awards meliputi verifikasi informasi yang disampaikan dalam bentuk dokumen kemudian dipresentasikan pada tahap penjurian di hadapan tim penilai. Terdapat tiga kategori dalam ajang Indonesia SDGs Awards ini di antaranya Korporat (Perusahaan), Program CSR, dan Individu. Tahun 2021 ini, terdapat 78 perusahaan yang mengikuti ajang Indonesia SDGs Awards ini.

Saat ini, Prodia memiliki 2 (dua) orang perempuan yang menduduki jabatan Komisaris dan 4 (empat) orang perempuan yang menduduki posisi Direktur. Lebih lanjut, saat ini terdapat lebih dari 50% posisi middle level management di Prodia yang dipimpin oleh perempuan. Sebagian besar jajaran manajemen Prodia juga berasal dari internal perusahaan yang telah berkarier di Prodia lebih dari 20 tahun.

“Prodia memiliki kebijakan grow talent from within. Perseroan terus mengembangkan SDM melalui pelatihan dan memberikan kesempatan bagi siapapun untuk memimpin selama memenuhi kompetensi dan kapabilitas yang dibutuhkan oleh Perseroan,” tambah Marina.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Simak Syarat Pelaku Perjalanan di Dalam Negeri

Dalam riset ILO terkait Indonesian Women in Business and Management tahun 2020 menyebutkan bahwa 77% dari 400 perusahaan Indonesia melaporkan hasil bisnis yang lebih baik setelah meningkatkan keberagaman gender. Dengan keberagaman gender yang diterapkan, Perseroan berhasil mencetak pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 88,4% menjadi Rp 1,2 triliun dan peningkatan laba bersih menjadi Rp 301,02 miliar.

Perseroan juga secara konsisten memberikan dividen setiap tahunnya kepada pemegang saham. Lebih lanjut, hasil survei yang dilakukan Grant Thornton pada Woman in Business 2021, menyatakan, telah terjadi peningkatan keterwakilan perempuan terhadap pemimpin perempuan di perusahaan di Indonesia, di mana perempuan yang menduduki jabatan sebagai Chief Executive Officer (CEO) berada di angka 25%.

Hal ini menjadi pertanda yang sangat baik dalam sektor kepemimpinan perempuan di Indonesia. Sebelumnya, pada tahun 2020, Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty menjadi salah satu dari 25 tokoh bisnis wanita yang berpengaruh di kawasan Asia Pasifik dalam daftar Asia’s Power Business Women dari Forbes Asia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Beredar Rumor Garuda Indonesia akan Dipailitkan, Ini Respons Manajemen

Perbaikan situasi ini menjadi momentum penting dalam langkah-langkah perbaikan kinerja Garuda saat ini hingga ke depannya akan terus dioptimalkan secara bertahap dan terukur.

Penumpang Pesawat Tetap Harus Tes PCR Meski Sudah Vaksin 2 Kali

Perubahan aturan perjalanan dengan pesawat itu tertuang dalam Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3-1 di Wilayah Jawa dan Bali.

Penumpang KRL Jogja-Solo Meningkat, Minggu Paling Ramai

Tren kenaikan volume penumpang KRL pada Oktober juga dipengaruhi oleh semakin terkendalinya kasus Covid-19 di Yogyakarta dan Solo.

Jokowi : Kepala Daerah Jangan Latah! Harus Fokus pada Produk Unggulan

Presiden Jokowi berharap agar pasar dalam negeri Indonesia jangan sampai direbut oleh produk-produk negara lain.

Solo-Jakarta & Jogja-Jakarta PP Bisa Naik Bus Damri, Ini Tarifnya

Selama masa pandemi Covid-19, perusahaan mengimbau agar pelanggan menerapkan metode cashless yakni dengan pemesanan tiket Damri secara online.

Ultah Perak, Charles & Keith Rilis Koleksi dari Bahan Daur Ulang

Memperingati ulang tahun perak, Charles and Keith meluncurkan koleksi limited edition The Anniversary Series dari bahan daur ulang.

Ganti Kartu ATM BCA Lama ke Chip Sebelum Diblokir, Begini Caranya

Selain mendukung kebijakan BI, seperti dikutip dari laman bca.co.id, kartu debit berteknologi chip diklaim lebih aman sehingga bisa mengurangi risiko pencurian data kartu.

Mahfud MD Tegaskan Korban Pinjol Ilegal Jangan Bayar

Jika mengacu pada aspek hukum perdata yang juga menjadi sikap pemerintah, kegiatan pinjol ilegal dinyatakan tidak memenuhi syarat sehingga bisa dinyatakan batal atau dibatalkan.

Berantas Pinjol Ilegal, Kemenkominfo Gandeng Google dan Apple

Guna memberantas pinjol ilegal yang kian meresahkan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng Google dan Apple.

Pengin Tajir Seperti Jeff Bezos? Simak 5 Tips Bisnis & Investasi Ini

Bermula dari mendirikan Amazon pada 1994 di garasinya di Seattle, Amerika Serikat, Jeff Bezos terus meraih sukses melalui investasi serta strategi yang dilakukannya selama ini.

Lagi Naik Nih! Simak Harga Emas Antam Rabu, 20 Oktober 2021

Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk., Rabu (20/10/2021) mengalami kenaikan dibandingkan harga sebelumnya.

BPH Migas Tegaskan Solar Bersubsidi Hanya untuk Kendaraan Ini

BPH Migas) menerbitkan surat relaksasi distribusi solar bersubsidi untuk mengatasi kekurangan kuota pasca-penurunan level PPKM.

PPKM Turun Level di Banyak Daerah, Pertamina Jamin Stok Solar Aman

PT Pertamina menjamin stok solar cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pemulihan kegiatan ekonomi seusai penurunan level PPKM di banyak daerah.

Superbike dan MotoGP Diharapkan Dorong Bisnis Properti di Mandalika

Jika dikaitkan dengan perhelatan World Superbike 2021 dan MotoGP 2022, sebetulnya ini akan menambah eksposur atau awareness terhadap lokasi tersebut.

Atasi Kelangkaan BBM Bersubsidi, Pertamina Tindak 91 SPBU Nakal

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga memberikan sanksi kepada 91 lembaga penyalur bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia.