SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Bulan Mei 2010 Kota Solo mengalami inflasi sebesar 0,16% dengan indeks harga konsumen sebesar 112,44. Inflasi Kota Solo ini lebih rendah jika dibandingkan inflasi nasional yang mencapai 0,29%.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks pada kelompok bahan makanan 0,73%, kelompok sandang 0,01% dan kelompok kesehatan 0,08%. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, Toto Desanto ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Rabu (2/6), menyampaikan perkembangan harga berbagai komoditas Mei kemarin secara umum menunjukkan adanya kenaikan.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Beberapa komoditas bahan makanan yang memberikan sumbangan inflasi paling besar, adalah cabai merah, daging ayam ras dan beras. Bulan Mei, beras kembali menyumbang inflasi karena sempat terjadi kenaikan harga 0,87%, karena panen di beberapa wilayah di Soloraya mulai berkurang. Beras sendiri memberikan sumbangan inflasi pada 0,052%

Ekspedisi Mudik 2024

Cabai merah mengalami perubahan harga yang paling tinggi yakni mencapai 29,02% dan andil inflasi 0,084%. “Perubahan harga yang sangat drastis ini terjadi karena stok barang yang sangat minim,” tutur Toto.

haw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya