SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Jumlah terbitan buku di Indonesia masih minim. Setiap tahun, jumlah terbitan buku di Indonesia sebanyak 50 juta. Sedangkan jumlah penduduk di Indonesia yakni 165,7 juta. Sedangkan di Amerika, jumlah terbitan buku dalam setahun mencapai 1 miliar. Sedangkan jumlah penduduk Amerika mencapai 185,5 juta.

“Hal itu berbanding terbalik dengan kondisi di Indonesia,” kata perwakilan dari Badan Arsip Nasional Republik Indonesia, Nuracahyono, saat pertemuan Forum Komunikasi Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Minggu (28/10/2012) malam. Hal itu, menurut dia, menjadi salah satu penyebab semakin minimnya minat baca di masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, berharap perpustakaan desa, sekolah maupun umum mampu memilih bacaan yang tepat sasaran sehingga mampu mendorong minat baca masyarakat.

“Adanya teknologi yang semakin berkembang memang cenderung sulit dikendalikan. Minat baca sebaiknya kembali ditumbuhkan sehingga mencerdaskan masyarakat,” katanya saat sambutan.

Sementara itu, Kepala Kantor Arpusda Wonogiri, Suradi, mengatakan perpustakaan saat ini dituntut lebih pro aktif dalam hal minat baca. Selain itu, juga meningkatkan pengelolaan dan sumber daya manusia seperti amanat Undang-Undang (UU) No 43/2007 tentang Perpustakaan.

“Ada serangkaian kegiatan seperti pencanangan Wonogiri gemar membaca, pameran buku dan Seminar Nasional guru sertifikasi yang diberi tugas tambahan menjadi kepala perpustakaan sekolah. Kami harap, kegiatan ini mampu mengajak masyarakat Wonogiri gemar membaca,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya