SOLOPOS.COM - ilustrasi (Facebook)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dari target Kementerian Kesehatan, yakni 100 bidan per 100.000 jiwa penduduk, Kulonprogo baru dapat memenuhi 50%. Minimnya jumlah bidan dikhawatirkan berpengaruh pada tak optimalnya layanan.

Dinas Kesehatan Kulonprogo mencatat jumlah bidan tiap tahun mengalami peningkatan. Hanya, jumlahnya tak signifikan dibanding jumlah penduduk. Pada 2011 terdapat 231 bidan, 2012 meningkat menjadi 235 bidan, dan akhir tahun lalu hanya bertambah satu, yakni 236 bidan di Kulonprogo. Sementara dari tahun ke tahun jumlah penduduk di Kulonprogo berada di kisaran 400.000-an jiwa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Bambang Haryatno mengatakan  kekurangan bidan di Kulonprogo disebabkan pembatasan belanja pegawai yang belum memungkinkan untuk merekrut pegawai baru.

“Sebagai solusi sementara kami menambah 30 bidan pegawai tidak tetap yang disebar di pos kesehatan desa  dan memaksimalkan peran bidan praktik swasta, sembari mengusulkan kepada Badan Kepegawaian daerah untuk menambah jumlah bidan,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Rabu (4/6/2014).

Setidaknya Kulonprogo masih membutuhkan tambahan 200 bidan. Menurut Bambang, kekurangan tidak hanya terjadi di kecamatan tertentu, melainkan merata di seluruh kecamatan.

Kendati demikian, ia yakin kekhawatiran yang muncul akibat dampak dari jumlah bidan yang minim tidak akan terjadi di Kulonprogo. Pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak, sudah diatasi dengan berbagai program yang diadakan Dinas Kesehatan, antara lain, pemeriksaan terpadu, pemantauan ibu hamil dengan menggunakan komunikasi yang lancar, sms gateway, dan manual rujukan, yang dapat dimanfaatkan ibu hamil sesuai kondisi yang dialaminya.

Beberapa waktu lalu, Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kulonprogo, Wahyuni Indriastuti, menjelaskan angka kematian ibu di Kulonprogo mengalami peningkatan tahun ini tapi tidak berkaitan dengan jumlah bidan. Sebab, bidan diperuntukkan bagi kehamilan yang tidak bermasalah.

“Sementara kalau kematian ibu biasanya disebabkan karena penyakit penyerta, seperti penuomonia, jantung dan
sebagainya, yang harus ditangani oleh dokter, bukan bidan,” jelasnya.

PERBANDINGAN BIDAN & PENDUDUK di Kulonprogo
Tahun        Bidan        Jumlah Penduduk    
2011        231        473.662
2012        235        479.189
2013        236        416.209

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya