Petugas mengatur bus yang keluar dari Terminal Ir. Soekarno, Klaten, Selasa (4/6/2019). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Jumlah penumpang arus mudik Lebaran 2019 yang tiba di Terminal Ir. Soekarno, Klaten, selama H-7 hingga H-1 Lebaran meningkat 8%. Peningkatan itu diduga sebagai dampak beroperasinya tol trans Jawa.

Rata-rata jumlah bus yang tiba di Terminal Ir. Soekarno setiap harinya pada H-7 hingga H-2 Lebaran lebih dari 1.000 unit dengan jumlah penumpang rata-rata 18.000 orang. Puncak kedatangan penumpang pada musim mudik Lebaran kali ini terjadi pada Jumat (31/5/2019) dengan jumlah bus 1.124 unit dan jumlah penumpang 19.331 orang.

Kepala Terminal Ir. Soekarno, Klaten, Marjono, mengatakan jumlah bus serta penumpang yang tiba pada Lebaran tahun ini lebih banyak ketimbang musim mudik Lebaran 2018. Tahun lalu, rata-rata bus yang tiba di terminal selama arus mudik 800-an unit/hari dengan jumlah penumpang 14.000-an orang/hari.

"Ada peningkatan sekitar 8 persen jika dibandingkan tahun lalu," kata Marjono saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/6/2019).

Peningkatan itu terjadi sebagai dampak beroperasinya tol trans Jawa. Jarak tempuh yang singkat membuat banyak pemudik mengandalkan jenis angkutan umum bus untuk kembali ke kampung halaman.

"Justru ketika ada tol trans Jawa jumlah penumpang meningkat. Beroperasinya tol trans Jawa membuat jarak tempuh singkat. Rata-rata perjalanan dari Jakarta-Klaten delapan jam. Di samping itu, harga tiket kereta api dan pesawat mahal. Lebaran kali ini, bus tidak lagi menjadi pilihan terakhir," jelas dia.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten