SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Meski tiket kereta api untuk mudik lebaran telah ludes terjual, jumlah penumpang mudik lebaran tahun ini diperkirakan menyusut dibanding tahun lalu. Sehingga jumlah rangkaian kereta api yang disiapkan juga tidak sebanyak sebelumnya.

Menurut Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Senin (25/7), untuk rangkaian kereta api yang sebelumnya ada 226, tahun ini menjadi 215. Pengurangan jumlah rangkaian kereta api ini didasarkan pada jumlah penumpang yang diperkirakan berkurang, yaitu dari sekitar 3 juta orang pada tahun lalu menjadi sekitar 2,9 juta orang atau diperkirakan turun sekitar 5,32 persen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, armada bus umum yang disiapkan untuk mudik lebaran tahun ini naik tipis dibandingkan tahun lalu, yakni dari sekitar 34.350 unit bus menjadi 34.690 unit bus di seluruh Indonesia.

Kenaikan tipis juga terjadi pada jumlah kapal penyeberangan sungai, danau, dan penyeberangan. Tahun lalu ada 119 kapal yang disiapkan untuk melayani penumpang mudik dan arus balik lebaran. Sedangkan tahun ini jumlahnya menjadi 123 unit kapal.

Namun, untuk kapal laut dan pesawat udara jumlah yang disiapkan bertambah cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya. Untuk kapal penyeberangan antar pulau yang tahun lalu ada 719 unit kapal, tahun ini disiapkan 747 unit kapal. Pesawat terbang juga naik dari 246 unit tahun lalu menjadi 332 unit tahun ini. [dtc/rda]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya