Tutup Iklan

Jumlah Pengungsi Merapi Di TES Balerante Klaten Terus Berkurang

Jumlah pengungsi erupsi Merapi di Desa Balerante, Kemalang, Klaten, yang menempati TES terus berkurang karena banyak yang pulang.

Jumlah Pengungsi Merapi Di TES Balerante Klaten Terus Berkurang

SOLOPOS.COM - Balai Desa Balerante, Kemalang, Klaten, yang menjadi lokasi pengungsian warga dari kawasan rawan bahaya erupsi Merapi. Foto diambil Minggu (8/11/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Jumlah pengungsi erupsi Gunung Merapi di tempat evakuasi sementara atau TES Desa Balerante, Kemalang, Klaten, terus berkurang.

Saat ini, tinggal sekitar 187 pengungsi yang masih bertahan di TES. Sebelumnya ada 257 pengungsi di TES Balerante setelah ada pengurangan jumlah pengungsi sebanyak 22 orang.

Setelah pendataan lagi, jumlah pengungsi tersisa 187 orang pada Minggu (27/12/2020) malam. Pengungsi yang pulang berasal dari berbagai dukuh kawasan rawan bencana (KRB) III erupsi Merapi. Seperti Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang, serta Sukorejo.

Per 1 Januari 2021, RSUD Bung Karno Solo Layani Pasien BPJS

Koordinator Pengungsian TES Balerante, Klaten, Jainu, menjelaskan para pengungsi erupsi Merapi dinyatakan pulang jika selama sepekan terakhir tak berada kembai ke TES.

“Jadi kami cek ke barak-barak. Jika ada yang sepekan lebih tidak kembali ke barak, mereka berarti sudah pulang walau mereka tidak memberi tahu kami bahwa mereka pulang. Tapi untuk kebutuhan data mereka sementara kami catat mereka pulang,” kata Jainu kepada Solopos.com melalui telepon, Senin (28/12/2020).

Tak hanya pengungsi yang berkurang. Jumlah ternak juga berkurang lantaran sebagian dibawa pengungsi pulang ke rumah masing-masing. "Terakhir ada 116 ekor sapi. Hari ini kemungkinan berkurang lagi sekitar empat atau lima ekor karena dibawa pulang," jelas Jainu.

Kaleidoskop Politik Solo 2020: Figur Cawali-Cawawali Bermunculan Berebut Restu Megawati

Para pengungsi erupsi Merapi Desa Balerante, Klaten, pulang ke rumah dan sepekan terakhir tak kembali ke TES atas inisiatif pribadi.

Jenuh dan Kelelahan

Begitu pula ketika mereka membawa pulang ternak menggunakan kendaraan angkut pribadi. Dugaannya mereka pulang lantaran sudah merasa jenuh dan kelelahan bolak-balik dari rumah ke TES setiap hari selama hampir dua bulan terakhir.

Sebagai informasi, warga dari kawasan rawan bencana (KRB) III erupsi Merapi Desa Balerante mengungsi mulai 7 November 2020 lalu. Hal itu setelah BPPTKG menyatakan level aktivitas Merapi naik dari waspada ke siaga pada 5 November 2020.

5 Warga Solo Meninggal Terpapar Covid-19, Kasus Positif Tambah 53 Orang

Sebagian pengungsi erupsi Merapi Desa Balerante, Klaten, selama ini ada yang pulang saat pagi hingga sore untuk mencari pakan ternak.

Jainu mengatakan telah melakukan berbagai upaya agar pengungsi tetap bertahan menempati TES selama status Merapi masih berada pada level siaga. Seperti melibatkan para pengungsi terutama kaum perempuan di dapur umum.

Begitu pula kerja sama dengan sukarelawan lainnya untuk menggelar aneka kegiatan kepada anak-anak yang bertujuan menghilangkan kejenuhan. Namun, pemerintah desa maupun sukarelawan tak bisa memaksa mereka tetap bertahan.

Satu Pegawai Meninggal Positif Covid-19, Operasional Puskesmas Gajahan Solo Ditutup

“Kami tidak bisa melarang dan tidak memberi imbauan untuk jangan pulang. Kami sadar mereka sudah lama di TES dan banyak hal-hal yang harus diselesaikan,” jelasnya.

Tetap Waspada

Meski sudah pulang ke rumah masing-masing, para pengungsi erupsi Merapi Desa Balerante, Klaten, itu sudah diingatkan untuk tetap waspada terkait aktivitas vulkanik Merapi. Mereka harus melakukan upaya antisipasi seperti menyiapkan kendaraan dan perbekalan jika sewaktu-waktu harus mengungsi.

Sementara itu, jumlah pengungsi yang menempati TES Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, masih fluktuatif. Pada Minggu (27/12/2020) malam, jumlah totalnya mencapai 39 orang.

Tokoh Mega Bintang Solo Surati Prabowo-Sandi Yang Kini Jadi Menteri, Ini Isinya

Informasi dari BPBD Klaten, para pengungsi yang menempati TES Tegalmulyo tak sepanjang waktu berada di TES. Mereka berada di TES hanya saat malam.

Saat pagi hingga sore, pengungsi pulang ke rumah masing-masing untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari mereka seperti berkebun ataupun beternak.

Pemkab Sukoharjo Petakan Calon Penerima Vaksin Covid-19, Ini Target Utamanya

Sebelumnya, Ketua Organisasi Pengurangan Risiko Bencana Desa Tegalmulyo, Subur,menjelaskan untuk menjaga semangat warga saat malam, TES menyediakan televisi sebagai salah satu media hiburan.

Alhasil, saban malam para pengungsi nonton bareng. “Karena juga ada pengungsi yang suka nonton sinetron, kami lengkapi selter dengan televisi. Pos pengungsian kecil kami lengkapi televisi sementara pada pos pengungsian besar kami siapkan proyektor,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mencatut Nama Bupati Klaten untuk Penipuan, Hati-Hati dengan Nomor WA Ini

Nama Bupati Klaten, Sri Mulyani, kembali digunakan pelaku penipuan atau kejahatan sebagai akun WhatsApp (WA), Sabtu (12/6/2021).

Cek Jogo Tonggo di Karanganyar, Ganjar Nyumbang Tilik Bayi dari Ibu Terkonfirmasi Covid-19

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, tilik bayi dan nyumbang di sela-sela kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar.

Dalam Sehari 146 Warga Sragen Terkonfirmasi Positif Covid-19, Empat Orang Meninggal

Dalam sehari, terjadi lonjakan hingga 146 kasus dan empat warga meninggal dunia dengan status positif Covid-19 di Sragen.

Tekad Driver Ojol Korban Begal di Sukoharjo akan Ngojek Lagi Setelah Pulih

Meski sudah menjadi korban aksi begal, Yadi Raharjo mengaku masih setia menjalani pekerjaannya sebagai driver ojol yang ditekuni empat tahun terakhir.

Kabar Gembira! Puan: Pasar Legi Solo Dibuka November

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan progres pembangunan Pasar Legi Solo yang terbakar beberapa waktu lalu dan segera dibuka November.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 80 Orang, 6 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 terbanyak di Kabupaten Klaten berasal dari Kecamatan Manisrenggo, yakni mencapai 17 orang.

Kunjungi Ruang Isolasi, Ganjar Ajak Guyon Pasien Positif Covid-19

Gubernur Ganjar mengunjungi Gedung Technopark Ganesha Sukowati Sragen yang digunakan untuk mengisolasi warga positif Covid-19

Kunker Ke Solo, Puan Maharani Dukung Percepatan Vaksinasi

Puan, mengaku sengaja mengajak anggota dewan lainnya untuk memberikan dukungan program percepatan vaksinasi.

Ini Keinginan Driver Ojol Korban Pembegalan Jika Bertemu Pelaku

Driver Ojol asal Delanggu, Kabupaten Klaten, Yadi Raharjo, sangat berharap Polres Sukoharjo dapat menangkap pelaku pembegalan.

Bakal Punya Bangunan Futuristik, SMAN Tawangmangu Jadi Percontohan Center Of Excellence

SMAN Tawangmangu bakal menjadi sekolah futurisik yang memberikan layanan pendidikan unggulan (center of excellence).

Kunjungi Solo, Puan Maharani: Kepala Daerah Jangan Tutup-Tutupi Kasus Covid-19 !

Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Kota Solo. Ia melihat pembangunan Pasar Legi dan menyaksikan vaksinasi Covid-19 di Balai Kota Solo.

Ibu Hamil di Karanganyar Meninggal Setelah Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dinkes Karanganyar mencatat ada satu ibu hamil meninggal dalam status positif Covid-19. Sementara itu ada 40 ibu hamil lain yang juga terpapar Covid-19.

Dampingi Puan Maharani di Solo, Bambang Pacul Singgung Tata Krama PDIP, Sindir Ganjar?

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Pacul, menyinggung soal tata krama di PDIP saat kunjungan Puan Maharani ke Solo. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, tidak ikut menemati Puan.

Ganjar Kunjungi Sragen, Minta Wali Kota/Bupati Tidak Perlu Takut Citra Buruk

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta gubernur dan wali kota tak perlu takut citra mereka buruk soal Covid-19 karena gencarnya tracing contact dan tes swab PCR.

Puan Maharani Ke Solo, Ganjar Malah ke Tawangmangu, Nah Lho

Kunjungan Ketua DPR RI Puan Maharani ke Kota Solo tak dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ganjar justru berada di Tawangmangu, Karanganyar.

Joss, Alat Pencacah Sampah di Boyolali Produksi Bahan Campuran Aspal

Mesin pencacah bantuan PUPR tersebut bisa digunakan untuk memproduksi cacahan sampah plastik bahan campuran aspal

Pabrik Tekstil Di Karanganyar Kebakaran, Polisi Masih Selidiki Penyebabnya

Pabrik tekstil di Karanganyar, PT Kusumahadi, mengalami kebakaran. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Hore! Tahun Depan Tawangmangu Karanganyar akan Miliki SMA Negeri

Pembangunan SMAN Tawangmangu, Karangan dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Targetnya tahun depan SMAN Tawangmangu sudah beroperasi.

Taruna Tani Dibentuk di Sukoharjo, Ternyata Ini Tujuannya

Pembentukan kelompok taruna tani yang beranggotakan para pemuda yang memiliki minat dalam mengembangkan pertanian.

Bantuan Sembako Untuk Driver Ojol Korban Begal Membeludak, Diangkut Pikap dan Dikawal Polisi Bersenjata Lengkap

Pengiriman bantuan untuk driver ojol korban begal di Sukoharjo dikawal oleh Polres Klaten bersenjata lengkap.

Pembangunan Jalan Wisata ke Museum Sangiran Sragen Urung Dimulai, Ini Sebabnya

Proses lelang proyek peningkatan jalan wisata ke Museum Sangiran itu mulai pada Februari dan dimenangi PT Bhina Karya Estetika dari Sragen.

STTW Surakarta Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Lulus Langsung Kerja Hlo!

Pada tahun ini STTW Surakarta membuka penerimaan mahasiswa baru hlo! Berapa kuotanya dan apa saja syarat-syaratnya? Cek di bawah ini!

PPDB SMAN Sukoharjo: Kuota Jalur Gakin dan Tenaga Medis 20 Persen

Calon peserta didik baru dari keluarga nakes dan gakin mendapatkan kuota 20% pada PPDB SMAN di Sukoharjo tahun ajaran 2021/2022.

Embung di Boyolali Ini Jadi Andalan Penuhi Kebutuhan Air Saat Kemarau, Mana saja?

Untuk menghadapi musim kemarau yang biasanya masuk di bulan Juli, Pemkab Boyolali telah mempersiapkan pendistribusian air bersih.

Siap-Siap, 19 Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi Bakal Ditertibkan

DPUPR Sragen akan membongkar 19 bangunan liar baik di pinggir jalan Solo-Purwodadi di Desa Soko, Kecamatan Miri.

Bed ICU RS di Solo Hampir Penuh

Ketersediaan bed di ICU RS di Kota Solo mulai mendekati penuh menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

PPDB SMP Jalur Afirmasi di Kota Solo Dibuka, Begini Persyaratannya

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jalur afirmasi 2021/2022 di Kota Solo dibuka pekan depan

Begini Kesiapan 6 SMPN di Karanganyar Gelar PPDB Offline Tahun Ini

PPDB di Karanganyar akan diselenggarakan Senin hingga Rabu (21-23/6/2021), dimana pelaksanaannya secara luring dan daring.

Pemkot Solo Wacanakan 2 Gedung Eks SMP Jadi SKO SMA, Ini Lokasinya

Pemkot mewacanakan gedung eks SMPN 3 dan SMP 5 dijadikan sekolah kelas olahraga jenjang SMA

Rumah Sakit Soloraya yang Hampir Penuh (Lagi)

“Mengingat kebutuhan bed isolasi di tengah lonjakan kasus dalam beberapa pekan ini. Kami waspada saja.”

Puan Maharani Kunjungan Kerja ke Solo bakal Disambut 4 Kepala Daerah, Ada Ganjar?

Ada empat kepala daerah di Soloraya yang akan menyambut Ketua DPR Puan Maharani saat melakukan kunker ke Solo.

Ketua DPR Puan Maharani Kunjungi Solo Siang Nanti, Ini Agendanya

Puan Maharani diagendakan ke Solo untuk melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi serta menyerahkan bantuan untuk beberapa daerah Soloraya.

Kasus Corona Memuncak, Bupati Sragen akan Keluarkan Instruksi Penanganan Covid-19

DKK memperbaiki sarana dan prasarana di Technopark untuk menghadapi lonjakan kasus baru di Sragen yang trennya masih naik.

Kisah Nama Desa Sama di Karanganyar: Sama-Sama Wonorejo, tapi Jaraknya 53 Km

Dua desa yang sama-sama memiliki nama Wonorejo ini berjarak sekitar 53 kilometer atau setara perjalanan selama 1 jam 36 menit.

Selamat! Solopos FM Jadi Radio Swasta Terbaik di Anugerah Penyiaran Jateng 2021

Ajang penghargaan digelar Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah sebagai rangkaian peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-88.

Memotret Pemerintahan di Dunia Maya Lewat Solopos Digital Award

Solopos Digital Award 2021 hadir untuk memotret kinerja instansi pemerintahan di dunia maya, baik media sosial maupun website.

PPDB 2021, DPRD Karanganyar Ingatkan Disdikbud Jangan Ulangi Kesalahan Tahun Lalu

Fokus dinas yang mengusung semboyan Tut Wuri Handayani itu dalam PPDB bukan sekadar memastikan anak di Karanganyar bisa bersekolah, tetapi juga sehat.

Banyak Yang Bandel, Pemkab Klaten Pertimbangkan Kirim Pasien Covid-19 ke Donohudan

Pemkab Klaten mempertimbangkan untuk mengirim pasien konfirmasi positif Covid-19 ke Asrama Haji Donohudan jika masih banyak yang bandel.

Waduh, Daftar Tunggu Haji Sukoharjo Kini Jadi 30 Tahun

Daftar tunggu keberangkatan haji Sukoharjo kini mencapai 30 tahun. Kondisi ini menyusul penundaan dua kali keberangkatan haji pada masa pandemi Covid-19.

Perlintasan KA Tempat Petani Prambanan Klaten Tertabrak KRL Langsung Ditutup Permanen, Warga Protes

Perlintasan KA tanpa palang pintu tempat petani Prambanan, Klaten, meninggal tertabrak KRL Solo-Jogja ditutup permanen oleh PT KAI.

Wah! Klaten Punya "Tembok Ratapan" Lur, Ini Lokasinya

Umat Kristiani Klaten Selatan yang dilengkapi tembok ratapan, kamar doa, dan paviliun di jurang wilayah Klaten Selatan, Klaten.

APOA Cara Dirjen Imigirasi Ajak Warga Dalam Pengawasan WNA

APOA untuk memfasilitasi pelaporan, terutama terhadap pengelola perusahaan yang memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Call Center Aktif 24 Jam, Ini Aduan Paling Banyak ke Sparta Polresta Solo

Aduan masyarakat terkait maraknya penggunaan knalpot brong mendominasi aduan yang paling banyak diterima di Call Center Tim Sparta Sat Sabhara Polresta Solo.

Pulang Dari Sawah, Petani Di Prambanan Klaten Meninggal Tertabrak KRL Solo-Jogja

Seorang petani di Prambanan, Klaten, meninggal dunia tertabrak KRL Solo-Jogja saat perjalanan pulang dari sawah.

Gibran Larang Pedagang Bermobil Dari Zona Merah Masuk Kawasan Pasar Klewer Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memutuskan melarang pedagang bermobil masuk dan berjualan di kawasan Pasar Klewer dan sekitarnya.

Siswi SMA Sragen Dihamili Paman Sendiri, Psikolog Diterjunkan untuk Pulihkan Psikis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen tidak tinggal diam terkait kasus siswi SMA yang dihamili paman sendiri. Pelaku adalah SP, 40, sedangkan korban adalah R, 16.

Curi Uang MTA Sukodono Sragen, Firmansyah Ikut Judi Online

Firmansyah Arsyi Gagah Prakoso, 26, nekat mencuri uang Majelis Tafsir Alquran atau MTA Kecamatan Sukodono, Sragen, Selasa (8/6/2021).

Bukan Hanya Dari Jokowi, Gibran Dapat Bantuan Perjuangkan Sriwedari Solo Dari Tokoh Ini

Selain konsultasi dengan sang ayah, Presiden Jokowi, Wali Kota Solo Gibran juga mendapat dukungan dari tokoh ini untuk perjuangkan Sriwedari.

Driver Ojol Korban Begal di Sukoharjo akan Gunakan Uang Donasi untuk Rehab Rumah

Driver ojol yang menjadi korban begal di wilayah Duwet, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Yadi Raharjo, 56, berencana menggunakan dana donasi untuk merehab rumah.

Ditangkap Di Indekos Saat Mabuk, Warga Mojosongo Solo Ternyata Jual Ciu Online

Dua orang di Banjarsari Solo ditangkap polisi karena pesta miras. Salah satunya ternyata menjual ciu secara online dengan stok yang cukup banyak.

Miris, Ambulans PMI Sragen Sudah Keropos dan Gunakan Shock Bagasi Kayu

Datangnya Pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu membuat para sukarelawan PMI Sragen bekerja ekstra keras. Mereka ikut melayani antarjemput pasien.

Waduh! Sudah Ada 2 Kasus Covid-19 Di Klaten Yang Tertular Dari Kudus

Satgas Penanganan Covid-19 Klaten mencatat sejauh ini sudah ada dua kasus konfirmasi positif Covid-19 yang sumber penularannya dari Kudus.

Aksi Maling Ambil Uang Rp80 Juta Di Mobil Guru MAN Sukoharjo Sempat Dilihat Warga, Begini Kesaksiannya

Seorang saksi mata melihat saat maling beraksi memecah kaca mobil dan mengambil uang Rp80 juga milik guru MAN Sukoharjo, Jumat (11/6/2021).

Kasus Covid-19 di Klaten Meledak, Objek Wisata Masih Diawasi Ketat

Pemkab Klaten terus mengawasi kondisi kedisiplinan di sejumlah objek wisata di tengah pandemi Covid-19, terlebih kasus di Klaten meningkat.

Siap-Siap Daftar PPDB SMP, Calon Siswa Baru di Sragen Bisa Tempuh 4 Jalur Ini

Daya tampung SMP negeri di Sragen dalam PPDB 2021 sebanyak 9.792 siswa dengan 305 rombel dan SMP swasta 2.784 siswa dengan 86 rombel.

Apes! Uang Rp80 Juta di Mobil Guru MAN Sukoharjo Digasak Maling Saat Ditinggal Salat Jumat

Uang senilai Rp80 juta milik guru MAN Sukoharjo digasak maling bermodus pecah kaca mobil saat ditinggal Salat Jumat.

Kasus Covid-19 Wonogiri Tambah 87 Orang dalam Sehari, Bupati: Masih Terkendali Kok!

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menyebut penanganan Covid-19 di wilayahnya masih terkendali. Meski terdapat peningkatan kasus yang cukup signfikan.

Duh, Muncul Klaster Covid-19 di Inspektorat dan Bappeda Litbang Wonogiri

Klaster Covid-19 diketahui muncul di Kantor Inspektorat Wonogiri serta Badan Perencanaan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Wonogiri.

Klaster Lamaran Brangkal Sragen: 118 Warga Jalani Tes Antigen Massal, 2 Orang Positif

Sebanyak 118 warga tiga RT di Desa Brangkal, Gemolong, Sragen, dites swab antigen massal sebagai buntut munculnya klaster lamaran.

Pencuri Uang MTA Sukodono Sragen Rp70 Juta Tertangkap, Pelaku Ternyata Menantu Korban Sendiri!

Penyidik Unit Reskrim Polsek Sukodono, Sragen, bergerak cepat untuk mengungkap kasus pencurian uang MTA Kecamatan Sukodono, Sragen, senilai Rp70 juta.

Kasus Covid-19 Klaten Bertambah 144 Dalam Sehari, Begini Penjelasan Pemkab

Kasus Covid-19 di Klaten dinilai terus meningkat dari waktu ke waktu. Pemkab Klaten pun memberikan penjelasan terkait meningkatnya jumlah pasien Covid-19 tersebut.

Muncul Klaster Covid-19 di 2 Kecamatan, Hajatan Di Wonogiri Bakal Dilarang Lagi?

Pemkab Wonogiri tengah mengkaji ihwal pelonggaran pelaksanaan hajatan menyusul ada dua klaster Covid-19 yang bersumber dari kegiatan itu

Awas Keblasuk! 14 Desa di Karanganyar Ini Punya Kembaran Tapi Jaraknya Jauh

Kabupaten Karanganyar memiliki 177 desa dan kelurahan yang tersebar di 17 kecamatan, di mana sebanyak 14 desa mempunyai kembaran nama.

Waspada! Klaster Kudus Menyebar ke Sragen dan Wonogiri

Angka kematian di Klaten sebanyak 613 pasien, melewati Kota Solo dan menjadi yang tertinggi di eks Karesidenan Surakarta.

PMI Solo Terima Permintaan Bantuan Ambulans Khusus Pasien Covid-19 dari Sragen

Pengurus PMI Kota Solo menerima permintaan dan masih berkoordinasi mengenai kebutuhan layanan ambulans khusus Covid-19 dengan PMI Sragen.

1 Dusun di Baturetno Wonogiri Isolasi Lokal, Jalan Masuk Dibuat Satu Pintu

Pos penjagaan dijaga oleh warga dan sukarelawan bergiliran, mereka bertugas mencatat warga keluar-masuk selama isolasi lokal di Gedawung.

Kasus Covid-19 Mengkhawatirkan, Pemkab Klaten akan Larang Warga Gelar Hajatan

Kepastian pelarangan hajatan pernikahan tinggal menunggu surat edaran yang akan dikeluarkan Bupati Klaten, Sri Mulyani, dalam waktu dekat.

Harga Iwak di Pasar Ikan Balekambang Solo Murah Meriah, Ternyata Ini Rahasianya

Pasar Ikan Balekambang yang buka mulai pukul 19.00 WIB menjadi jujugan para pedagang ikan untuk kulakan serta menjadi destinasi wisata belanja baru.

Balita, Lansia, dan Ibu Hamil Boleh Kunjungi Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang Solo kembali dibuka untuk pengunjung tanpa batasan usia dan kriteria tertentu sejak akhir pekan lalu.

Ulang Tahun Pernikahan ke-6, Intip Lagi Momen Gibran dan Selvi Pacaran Hingga Menikah

Di momen ulang tahun pernikahan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, intip lagi yuk saat mereka pacaran hingga menikah!

Jadi Wisata Belanja Ngehits, Ini Loh Sejarah Berdirinya Pasar Ikan Balekambang Solo

Dengan penataan modern, Pasar Ikan Balekambang Solo diharapkan memiliki standar mutu yang sesuai syarat kesehatan dan ramah lingkungan.

Ramai Lagi, Ini 5 Fakta Tersembunyi dari Pasar Ikan Balekambang Solo

Kembali ramai setelah mati suri, ini dia lima fakta tersembunyi nan menarik dari Pasar Ikan Balekambang Solo, Jawa Tengah. Jual baby hiu hlo!

Awas Kebakaran! Begini 7 Cara Cegah Korsleting di Rumah Anda

Korsleting adalah terputusnya arus listrik karena kawat bermuatan arus positif dan negatif bersentuhan sehingga terjadi hubungan pendek.

Segini Biaya Perpanjangan SIM di Kabupaten Karanganyar, Cek Disini!

Proses perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM harus mempersiapkan syarat dan biaya yang akan dikenakan untuk pembayaran tes

Pelaku Usaha Tak Ingin Wonogiri Hanya Disebut Kota Gaplek

Selama ini dikenal sebagai Kota Gaplek, sehingga pelaku usaha ingin ada sebutan lain yang menunjukan kemajuan Wonogiri

Motor & 4 Sepeda Ikut Hangus, Kerugian Kebakaran Rumah Warga Ngringo Karanganyar Capai Rp60 Juta

Selain rumah habis dilalap api, sejumlah harta benda milik korban kebakaran Ngringo seperti kendaraan hingga alat elektronik ikut hangus.

Bukan Karena Mudik, Sumber Penularan Covid-19 15 Pegawai PG Tasikmadu Masih Misterius

Sumber penularan Covid-19 yang menjangkiti 15 pegawai PG Tasikmadu, Karanganyar, belum diketahui secara pasti, yang jelas bukan karena mudik.

PKL Selter Manahan Solo Mulai Disuntik Vaksin Covid-19

Para pedagang kaki lima atau PKL di selter Manahan, Solo, mulai mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama pada pekan ini.

Bermula Dari Percikan Api Di Kamar, Rumah Warga Ngringo Karanganyar Ludes Terbakar

Rumah warga Ngringo, Jaten, Karanganyar, ludes terbakar berikut sepeda motor dan barang-barang lain, diduga karena korsleting.

Yang Urbanisasi Produknya, Bukan Orangnya, Keren Nih Wonogiri

Cegah warga bekerja di luar Wonogiri dengan memberdayakan masyarakat melalui pengembangan usaha. Yang urbanisasi produknya, bukan orangnya.

7 Pegawai Positif Covid-19, Bidang Aset BPKD Klaten Berlakukan WFH

BPKD Klaten memberlakukan WFH bagi pegawai Bidang Aset menyusul adanya tujuh pegawai instansi tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pemkot Solo Pertimbangkan Tutup Area Pasar Cinderamata Bagi Pedagang Dari Zona Merah Covid-19

Pemkot Solo mempertimbangkan menutup area Pasar Cinderamata khusus untuk pedagang dari zona merah risiko Covid-19 seperti wilayah pantura.

Ada yang Meninggal, Satgas Covid-19 Wonogiri Tetap Bolehkan Isolasi Mandiri di Rumah

Pemkab Wonogiri masih tetap menerapkan isolasi mandiri di rumah bagi pasien Covid-19. Meski sempat ada kasus meninggalnya pasien saat isoman.

Kolaborasi, Kata Kunci Untuk Menurunkan Angka Kemiskinan di Wonogiri

Untuk menurunkan angka kemiskinan di Wonogiri dibutuhkan kolaborasi semua pihak dan pelaku usaha menjadi garda terdepan.

Pemulihan Sektor Pariwisata Wonogiri Butuh Waktu Lama

Pemulihan sektor pariwisata di Kabupaten Wonogiri butuh waktu lama dan konsistensi membuka tempat wisata. Kebijakan menutup semua tempat wisata berdampak kerugian besar bagi para pengelola.

Puan Maharani Bakal Ketemu Gibran di Solo, Ganjar Pranowo Diundang Tidak?

Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan ketemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat berkunjung ke Soloraya.

Tukang Cukur Sragen Gagal Haji 2 Kali, Separuh Dananya dari Ganti Rugi Jalan Tol

Tukang cukur asal Sragen, Suwardi, dipastikan dua kali batal naik haji lantaran kebijakan pemerintah yang kembali membatalkan pemberangkatan pada tahun ini.

Melonjak! DKK Sragen Catat 164 Kasus Baru Positif Covid-19 Dalam 2 Hari

Dinas Kesehatan Sragen mencatat tambahan sebanyak 164 kasus baru positif Covid-19 selama dua hari terakhir dan tujuh orang meninggal.

Sejak 1971, Kantor Desa Kadirejo Klaten Ternyata Masih Berdiri di Atas Lahan Milik Warganya

Kantor Desa Kadirejo, Kecamatan Karanganom, Klaten, ternyata masih berdiri di atas lahan milik warganya sejak tahun 1971. Kantor desa tersebut berada di tanah milik mendiang Parto Pardi.

Tak Punya SMAN/SMKN, 4 Kecamatan di Karanganyar Ini Dapat Kuota Zonasi Khusus

Sekolah untuk zonasi khusus sudah ditentukan dan bisa dipilih oleh calon peserta PPDB SMAN/SMKN di Karanganyar disesuaikan jarak terdekat.

Gibran Bertekad Terus Perjuangkan Sriwedari Solo, Dengan Minta Bantuan Jokowi?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertekad tetap mempertahankan lahan Sriwedari agar tak jatuh ke tangan ahli waris.

Pasien Asal Kudus Meninggal, Begini Penjelasan Jubir Tim Covid-19 RSJD Solo

Tim Penanganan Covid-19 RSJD Solo memberikan penjelasan terkait pasien positif asal Kudus yang meninggal dunia di rumah sakit tersebut.

Begini Awal Mula Lurah Delingan Karanganyar Terpapar Covid-19

Lurah Delingan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, terpapar Covid-19 bersama dua orang pegawai lainnya. Kantor Kelurahan Delingan pun akhirnya ditutup selama 10 hari.

Lurah dan 2 Staf Terpapar Covid-19, Kantor Kelurahan Delingan Karanganyar Ditutup 10 Hari

Tiga orang pegawai di kantor Kelurahan Delingan, Karanganyar, terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, kantor kelurahan ditutup sementara.

15 Pegawai PG Tasikmadu Karanganyar Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sebanyak 15 pegawai Pabrik Gula atau PG Tasikmadu, Karanganyar, terkonfirmasi positif Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri.

Memaksa Pulang Paksa, Pasien Covid-19 Meninggal di Jalan

Walaupun mulanya pihak rumah sakit melarang, akhirnya pasien diperbolehkan pulang ke rumah. Di tengah perjalanan pulang ke rumah, pasien meninggal dunia sekitar pukul 18.30 WIB.

Waduh! Uang Rp70 Juta Milik MTA Sukodono Sragen Hilang Dicuri di Siang Bolong

Uang MTA Sukodono, Sragen, senilai Rp70 juta yang tersimpan di rumah ketuanya hilang dicuri pada siang bolong, Selasa (8/6/2021).