Jumlah Pendaftar SNMPTN di DIY Naik 50%
Ilustrasi/dok
Ilustrasi/dok

JOGJA—Jumlah sekolah di DIY yang melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau yang memasukkan data siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa di laman SNMPTN naik 50%.

Tahun lalu, jumlah sekolah yang mendaftar SNMPTN di Jogja hanya 180, pada tahun ini meningkat menjadi 299. Peningkatan ini juga terjadi di daerah-daerah lain. Jika dihitung ada kenaikan hingga dua kali lipat.

"Jumlah sekolah yang mendaftar SNMPTN hingga hari ini mencapai 14.464. Lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 7.900 sekolah," kata Sekretaris Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 Prof Rochmat Wahabujar, Jumat (8/2/2013).

Peningkatan tersebut, sambung Rochmat, sangat berkaitan dengan sosialisasi yang melibatkan perguruan tinggi yang ada di wilayah tersebut. "Panitia bersama yang ada di setiap wilayah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah mengenai tata cara pendaftaran SNMPTN," katanya.

Misalnya saja di Maluku Utara, maka yang bertanggung jawab untuk melakukan sosialisasi adalah Universitas Khairun. "Akibat gencarnya sosialisasi tersebut, jumlah sekolah yang mendaftar di Maluku Utara mencapai 44 sekolah. Padahal tahun lalu hanya delapan anak yang masuk SNMPTN," kata dia lagi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom