Kategori: Klaten

Jumlah Pemudik di Klaten Cenderung Meningkat, Semuanya Didata


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN – Para pemudik yang berdatangan ke Klaten menunjukkan tren peningkatan. Hal itu setidaknya yang terpantau dari jumlah penumpang turun di Terminal Ir Soekarno Klaten.

Sejak Rabu (23/12/2020), jumlah penumpang bus malam yang turun di Terminal Ir Soekarno dari daerah perantauan seperti Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Barat, dan luar Jawa cenderung meningkat. Kali terakhir ada 77 penumpang turun di Klaten pada Sabtu (26/12/2020) malam. Sejak Rabu hingga Sabtu, setidaknya ada 193 pemudik yang turun di Terminal Ir Soekarno Klaten.

Cegah Persebaran Covid-19, Petugas Terminal Ir. Soekarno Klaten Cek Suhu Tubuh Pemudik

Para penumpang itu berasal dari berbagai daerah seperti Bekasi, Cengkareng, Jakarta, Tangerang, Bogor, Serang, Malang, serta Bandung. Sementara, daerah tujuan mereka di Klaten juga beragam seperti Kecamatan Bayat, Wedi, Trucuk, Kalikotes, Klaten Tengah, Klaten Selatan, Jatinom, dan Ngawen. Namun, sejak Rabu hingga Sabtu, pemudik paling banyak menuju ke wilayah Kecamatan Bayat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Sudiyarsono, menjelaskan ada pendataan kepada penumpang yang baru turun di terminal terutama penumpang bus malam. Pasalnya, para pemudik biasa berdatangan di terminal saat malam.

Pendataan itu dilakukan melalui surat pernyataan kedatangan penumpang antarkota/provinsi. Satu per satu penumpang didata mulai dari nama, identitas, asal kedatangan, alamat tujuan, hingga nomor ponsel. “Data kami sampaikan satgas kecamatan di tempat tujuan untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut,” kata Sudiyarsono, Minggu (27/12/2020).

Lalu Lintas

Sementara itu, arus lalu lintas di Klaten sejak awal libur perayaan Natal terhitung landai. Tak ada peningkatan volume kendaraan secara signifikan. “Arus lalu lintas masih landai-landai saja. Paling dari mulai awal libur Natal sampai sekarang peningkatan arus lalu lintas hanya 5 persen saja. Bisa dilihat dari traffic light yang antreannya tidak panjang sehingga belum ada sampai dilakukan pengalihan arus,” kata Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, Minggu.

Viral Ibu Beri Campuran Susu dan Telur Mentah ke Bayi

Kondisi arus lalu lintas yang tak menunjukkan tren peningkatan pada libur perayaan Natal tahun ini di luar perkiraan. Sebelumnya, Polres Klaten memperkirakan puncak peningkatan arus lalu lintas terjadi pada Rabu-Kamis (23-24/12/2020) seiring dimulainya libur perayaan Natal yang berdekatan dengan libur tahun baru 2021.

“Tetapi sampai sekarang masing landai-landai saja. Artinya apa, imbauan dari pemerintah diterima dengan baik oleh sebagian besar masyarakat dengan tidak berliburan dulu dan tidak berkegiatan kemana-mana,” kata dia.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi