SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, NGAWI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menetapkan jumlah pemilih Pemilu tahun 2019 untuk wilayah setempat berkurang menjadi 705.092 pemilih seiring dengan Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap dua (DPTHP-2).

Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan jumlah pemilih DPTHP-2 sebanyak 707.894 pemilih. Ketua KPU Kabupaten Ngawi Syamsul Wathoni mengatakan perubahan data pemilih merupakan hal wajar. Hal itu karena DPT merupakan data bergerak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“DPT itu data bergerak. Sebab merupakan data manusia yang setiap waktu pasti ada perubahan. Sehingga, itulah yang menyebabkan DPT berkurang, tidak mungkin bertambah, karena semua warga Ngawi yang berusia 17 tahun pada 17 April 2019 telah terdata di awal,” ujar Syamsul Wathoni kepada wartawan di Ngawi, Sabtu (12/1/2019).

Dia menerangkan penurunan jumlah pemilih disebabkan ada warga meninggal dunia, ganti profesi menjadi TNI/Polri, dan pindah domisili. Sedangkan penambahan dapat dimungkinkan bila ada warga yang melakukan perekaman data KTP elektronik, namun persentasenya kecil.

Diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Kabupaten Ngawi pada DPTHP tahap satu atau DPTHP-1 sebanyak 706.553 pemilih. Kemudian, terpantau naik pada DPTHP tahap dua atau DPTHP-2 menjadi 707.894 pemilih. Dan setelah dilakukan penyempurnaan DPTHP-2, jumlahnya turun menjadi 705.092 pemilih.

Syamsul Wathoni menambahkan persiapan untuk kelancaran Pemilu 2019 terus dilakukan oleh KPU Ngawi. Saat ini sejumlah logistik pemilu telah diterima dan segera dilakukan proses sortir.

Sejumlah logistik pemilu yang telah dikirim ke Ngawi tersebut di antaranya, kotak suara, tinta, sampul, bilik suara, segel, dan alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS). 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya