SOLOPOS.COM - Kampus UT Surakarta di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Solopos.com, SOLO — Universitas Terbuka (UT) bukanlah perguruan tinggi yang layak dipandang sebelah mata. UT merupakan universitas yang mampu menjadi penyumbang mahasiswa terbanyak di Indonesia.

Di UT Surakarta, jumlah mahasiswa terus meningkat setiap tahunnya. "Jumlah mahasiswa meningkat. Rekrutmen kemarin itu hampir dua kali lipat kenaikannya. Menembus angka 2.000, dibanding sebelumnnya sekitar 1.200," ungkap Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, kepada Solopos.com.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yulia menerangkan angka partisipasi kasar mahasiswa (APK) UT dalam menyumbang mahasiswa sangat besar. Hal itu mengingat jumlah mahasiswa UT Surakarta tak dibatasi kuota seperti di perguruan tinggi negeri lain.

Selain kuota, UT juga tak dibatasi jarak karena menerapkan sistem kuliah jarak jauh berbasis kuliah online. Dengan bnegitu, daya jangkau UT sangat luas dan tak terbatas.

"Makanya untuk peningkatan APK itu, distance education [kuiliah jarak jauh] dituntut pemerintah untuk terus menambah mahasiswa. UT merupakan penyumbang mahasiswa terbanyak di Indonesia," tegas Yulia.

UT Surakarta yang kampusnya terletak di Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) memiliki slogan Ora Ngekos, Ora Ongkos, Tetep Jos yang berarti tak harus menyewa rumah indekos, tak harus banyak ongkos perjalanan, namun tetap mendapatkan pendidikan berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya