SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo saat menghadiri Rakernas PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan akan ada partai politik yang menyatakan dukungan terhadap PDIP pada Jumat (9/6/2023).

“Hari Jumat nanti akan ada satu dukungan dari partai politik yang akan semakin mempercepat pergerakan dari Pak Ganjar,” ujar Hasto di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasto menuturkan partai politik yang akan menyatakan dukungan pada hari Jumat (9/6) memiliki sejumlah keunggulan sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Adapun keunggulan tersebut adalah memiliki komunikasi politik yang baik, serta memiliki daya jangkau yang luas.

“Ada partai yang punya suatu daya unggul di dalam menjalankan apa yang Pak Presiden sampaikan kemarin, (yakni) komunikasi politiknya harus baik, daya jangkauannya harus luas,” tutur Hasto.

Ia pun menjelaskan bahwa masing-masing partai politik yang rutin menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan memiliki keunggulan tersendiri, seperti PPP, PAN, PKB, dan Golkar.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto menyoroti aspek ideologis dan historis antara PDI Perjuangan dengan PPP.

Aspek historis tersebut terkait dengan perjuangan pada masa Orde Baru, serta kedekatan antartokoh kedua partai.

“Pak Zulkifli (Ketua Umum PAN) kan, jangankan Pak Zulkifli, istri beliau pun sangat mengagumi Bu Megawati Soekarnoputri,” ujar Hasto.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terkait komunikasi dengan PKB dan Golkar, selama beberapa kali bertemu, kedua partai tersebut merupakan partai yang sama-sama berada di dalam pemerintahan.

“Sama-sama sudah memahami style-nya, sudah saling melengkapi kalau kita kerja sama di pemerintahan,” kata Hasto.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan PDIP sangat terbuka melakukan kerja sama politik dengan partai-partai politik lain untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“PDIP membuka pintu seluas-luasnya bekerja sama dengan partai politik, (baik) partai parlemen dan non parlemen, kami melakukan komunikasi,” ujar Puan Maharani yang mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP hari pertama di gedung sekolah partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

 

Sumber: Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya