SOLOPOS.COM - Jokowi (kiri) (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

Jokowi (kiri) (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA—Akhir tahun nanti Badan Musyawarah Betawi bakal menobatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai orang Betawi melalui pagelaran adat. Jokowi pun akan mendapat julukan baru yakni Joko Betawi (Jokowi).

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Ketua Badan Penasehat Bamus Betawi Effendi Yusuf saat mendampingi Jokowi mengunjungi situs Setu Babakan, Jakarta, Rabu (21/11/2012), mengatakan seperti kebiasaan orang Betawi yang menggunakan kata sapaan bang Jokowi pun kemudian akan dipanggil Bang Wi.

“Masyarakat Betawi akan menganggap Bang Wi ini adalah Joko Betawi. Pak Jokowi, Joko Betawi,” kata Effendi.

Dia berharap setiap komitmen mantan Walikota Solo ini untuk memajukan kebudayaan Betawi dapat segera terwujud.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan niatnya untuk mengangkat karakter dan identitas budaya Betawi, agar bisa menjadi tuan rumah bagi budaya nusantara lainnya di Jakarta.

“Identitas Betawi, karakter Betawi. Ini yang mau kita angkat,” ujar Jokowi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Effendi menilai ide-ide Jokowi untuk memajukan budaya Betawi merupakan ide baru dan menyegarkan. Bentuk acara penerimaan adat Betawi ini akan disemarakkan dengan gelaran budaya khas Betawi.

“Kami harap Pak Jokowi dapat berkenan hadir dalam penobatan tersebut. Kemungkinan akan kami laksanakan pada akhir tahun ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya