SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Lantaran tak tahan menanggung beban berat ekonomi rumah tangganya, Suyanto, 45, warga Padukuhan Trengguno Lor Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong nekat mencuri seekor sapi milik tetangganya sendiri bernama Suwandi. Namun, belum sempat menghabiskan uang hasil penjualan sapi betina itu, pelaku keburu dibekuk jajaran Unit Reskrim Polsek Ponjong, Senin (21/11).

Selain berhasil mengamankan pelaku, Polres Ponjong juga mengamankan uang senilai Rp3,8 juta yang kini menjadi barang bukti tindak perkara pencurian. Panit Reskrim Polsek Ponjong, Aiptu Sujino mengatakan, selama menjalani pemeriksaan pelaku cukup kooperatif dan mengakui perbuatannya. Pelaku mengaku sapi betina milik Suwandi yang ia dicuri telah dijual seharga Rp5 juta kepada salah satu pedagang pada Minggu (20/11) sekitar pukul 15.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pikiran saya kalut memikirkan beban berat ekonomi rumah tangga. Utang yang menumpuk dan kebutuhan menghidupi memaksa saya melakukan perbuatan itu, saya pasrah,” sesal Suyanto di sel tahanan Mapolsek Ponjong.

Penangkapan terhadap Suyanto terbilang cukup licin. Pasalnya saat penyelidikan oleh unit reskrim Polsek, Suyanto sudah kabur melarikan diri ke daerah Subang, Jawa Barat. Alhasil, berkat koordinasi petugas pelaku berhasil dibujuk petugas untuk pulang ke Ponjong. Pihak Polsek langsung menggelandang pelaku ke Mapolsek untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolsek Ponjong Kompol Zaenal Arifin saat dikonfirmasi membenarkan kejadian kriminal tersebut. Saat ini pelaku sudah diamankan setelah menjalani proses penyidikan dan sejumlah bukti dipandang cukup kuat. “Pelaku kami jerat pasal 363 KUHP tentang tindak pencurian,” pungkas Kapolsek didampingi Panit Reskrim Polsek Ponjong.(Harian Jogja/Endro Guntoro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya