SOLOPOS.COM - Hendri Satrio (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA — Juru Bicara Anies Baswedan, Hendri Satrio, membuat lontaran yang berpotensi membuat panas kubu Partai Gerindra.

Hensat, panggilan Hendri Satrio, menilai kinerja politik Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) lebih mumpuni dibandingkan tokoh-tokoh politik lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan, kinerja Cak Imin dinilai lebih baik dari Prabowo yang kini digadang-gadang sebagai calon presiden.

“Dan bahkan melebihi Prabowo Subianto yang digadang-gadang sebagai capresnya,” kata Hendri Satrio dalam keterangannya yang dikutip Solopos.com dari Antara, Minggu (2/4/2023).

Pernyataan Hensat ini menanggapi hasil survei Polmark terbaru yang menempatkan Cak Imin di posisi kelima besar capres.

Hensat mengatakan hal ini wajar, karena selain faktor grass root PKB yang kuat dan loyal ke dirinya, juga kerja-kerja politik Cak Imin yang substansial selama beberapa tahun terakhir.

“Pada saat pandemi Cak Imin melakukan banyak hal, bahkan ia menggelar perhelatan Festival Cak Imin di berbagai kota besar. Ini membuat popularitasnya naik dan peran nadliyin amat besar untuk melambungkan popularitasnya,” ujar Hendri seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini mengakui Ketua Umum PKB ini memiliki kepemimpinan yang luar biasa dan mampu membuat partai yang didirikan Gus Dur ini saat ini mampu menyalip partai Islam lainnya seperti PAN, PKS dan PPP, dan menjadi partai Islam terbesar.

“Sosoknya tidak bisa dianggap remeh. Dan hari ini ia masuk dalam lima besar kandidat capres, maka artinya sangat potensial menjadi salah satu tokoh yang harus menjadi pertimbangan penting bagi kandidat capres lain untuk menarik Cak Imin menjadi pendamping,” kata Hensat.

Sebelumnya survei Polmark terbaru menunjukkan perolehan kandidat capres Ganjar Pranowo (22,8 persen), Prabowo Subianto (17,4 persen), Anies Baswedan (13,9 persen), dan Ridwan Kamil (5,2 persen) masih memegang elektabilitas tinggi sebagai calon presiden.

Namun Muhaimin Iskandar telah melesat ke posisi lima besar dengan 4,8 persen.

Menurut CEO PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah, ini adalah perkembangan yang menarik.

Muhaimin Iskandar atau yang biasa disebut Cak Imin tiba-tiba menjadi sorotan publik saat survei Polmark Indonesia diumumkan.

Nama Cak Imin mulai senyap di bursa bacapres nasional.

Namun namanya melonjak masuk pada lima besar skor nasional calon presiden, dan di Jawa Timur namanya mengalahkan Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa.

Sebagaimana diketahui, analis politik yang juga Pendiri Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio kini menjadi juru bicara bakal capres Anies Baswedan.

Anies Baswedan resmi menunjuk Hensat sebagai jubirnya pada awal Maret 2023.

Hensat menceritakan, Anies menunjuknya sebagai juru bicara ketika ramai isu utang piutang terkait Pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

“Waktu itu Mas Anies yang minta menjelaskan isu utang piutang,” jelas dia.

Isu utang Anies ke pasangannya di Pilkada DKI Sandiaga Uno mencuat pada Februari 2023 lalu.

Ketika itu, Hensat tampil ke publik menggelar konferensi pers menjelaskan isu utang Anies Baswedan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya