Ilustrasi silat (Solopos-Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Dua -ardiansyah-arrosyiid-prajurit-ganteng-peraih-emas-karate-asian-games-2018">karateka belia asal Solo yakni Rizal Eka Wikanda dan Nandana Putra Purnama meraih Juara I putaran final Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diselenggarakan di Jogja pada Senin-Jumat (17-21/9/2018).

Rizal yang duduk di kelas VIII SMAN 6 Solo mewakili Provinsi Jawa Tengah menundukkan wakil Provinsi Riau di babak final. Rizal meraih medali emas di nomor kumite tingkat SMA/SMK. Sementara Nandana yang masih duduk di bangku kelas V SD Al Islam 2 Jamsaren mengalahkan wakil Kalimantan Timur di partai puncak. Nandana meraih medali emas dari nomor kumite tingkat SD/MI.

"Karena meraih medali emas, dua karateka Solo itu berhak mewakili Indonesia mengikuti kejuaraan internasional yang diselenggarakan di Belgia pada 15-20 November 2018 mendatang," terang Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Solo, Surya Panca Januardi, kepada Solopos.com, Kamis (20/9/2018).

Surya Panca menilai Rizal Eka dan Nandana merupakan karateka potensial yang dimiliki oleh Forki Solo. Di usianya yang baru menginjak 16 tahun, Rizal Eka sudah mendulang banyak prestasi di cabang olahraga -raih-juara-umum-kejuaraan-karate-di-magelang">karate. Sebelum meraih medali emas putaran final O2SN, Rizal Eka juga meraih medali emas dari nomor kumite -68 junior putra dari ajang Magelang Karate Championship yang digelar di GOR Samapta Magelang pada akhir Agustus lalu.

Rizal Eka turut membawa Kota Solo meraih Juara Umum I di kejuaraan itu. Ia juga dinobatkan sebagai atlet terbaik di nomor junior putra. "Rizal Eka sudah beberapa kali masuk pelatnas-games-2018-karate-sumbang-emas-ke-11-indonesia"> karate. Ia kerap mewakili Indonesia tampil di kejuaraan internasional. Terakhir, dia tampil di kejuaraan karate di Spanyol," jelas Surya Panca.

Surya Panca menilai dua anak asuhnya itu memang memiliki kemampuan teknik yang istimewa. Keduanya punya kelebihan pada variasi serangan dan strategi dalam menyerang. Menurut Panca, kematangan dan mental bermain menjadi faktor pembeda Rizal Eka dan Nandana dengan rekan-rekannya.

"Masa depan Rizal Eka dan Nandana masih panjang. Mudah-mudahan kelak keduanya bisa menjadi andalan Indonesia di kejuaraan internasional," ucap Surya Panca. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten