Juara Dunia WSBK 2021, Toprak Persembahkan Kemenangan untuk Ayah

Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 dalam pertarungan seri pamungkas yang dramatis di Indonesia.

 Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021. (Istimewa)

Solopos.com, LOMBOK — Toprak Razgatlioglu meraih gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 dalam pertarungan seri pamungkas yang dramatis di Indonesia. Titel ini juga merupakan bagian dari pesta kemenangan Yamaha yang juga menjuarai kategori konstruktor dan Pata Yamaha with Brixx WorldSBK di kategori tim.

Bertandang ke Indonesia dengan keunggulan 30 poin dalam perebutan titel, Toprak memastikan trofinya dari hasil race pertama di Mandalika International Street Circuit, Minggu (21/11/2021). Finish kedua dalam persaingan sengit itu sudah cukup untuk memberikan gelar bagi Toprak, meskipun pesaing terdekatnya Jonathan Rea memenangi race pertama.

Toprak pun membukukan sejarah sebagai pembalap Turki pertama yang menjadi juara WorldSBK dan ini gelar pertama bagi Yamaha setelah 2009 bersama Ben Spies. Pembalap berusia 25 tahun itu juga mencatatkan dirinya sebagai pembalap pertama yang menjuarai WorldSBK dan ajang support WorldSBK yaitu European Superstock Championship. Razgatl?o?lu memenangi European Superstock Championship di tahun 2015.

Seri Mandalika menutup WordSBK tahun ini yang merupakan salah satu musim paling menarik sepanjang sejarah penyelenggaraannya. Razgatl?o?lu mengakhirinya dengan 13 kemenangan, 29 podium, dan 3 pole position. Rider #54 itu mengawali balapan di Mandalika dalam pertarungan ketat di grid depan pada race pertama lalu finis ke-4 di race kedua dalam kondisi lintasan basah.

Sedangkan rekan setimnya Andrea Locatelli yang sudah mengklaim status Rookie of The Year 2021, memperlihatkan penampilan mengesankan di Lombok. Pembalap Italia itu finis ke-4 dari grid 5 di race pertama, lalu menempati posisi ke-8 di race kedua.

Baca Juga: Juara Dunia WSBK: Balapan di Sirkuit Mandalika Seperti di Rumah

Hasil ini mengantarkannya ke urutan 4 klasemen akhir. Dia pun menjadi pembalap rookie WorldSBK Yamaha dengan peringkat terbaik di kompetisi itu sejak musim 2011, yang merupakan bukti performa cemerlangnya.

Hasil di Mandalika menandai akhir kejuaraan WorldSBK 2021, namun Yamaha dan tim Pata Yamaha with Brixx WorldSBK telah fokus sepenuhnya ke tahun 2022 untuk memberikan kesempatan terbaik bagi Toprak dan Locatelli bertempur kembali di lintasan sirkuit.

“Bagi saya ini bukan musim yang mudah, saya melihatnya sama seperti semua pembalap lainnya. Namun akhirnya saya keluar sebagai juara. Saya tidak tahu harus berkata apa, tapi ini adalah hari spesial bagi saya. Bukan balapan yang mudah [di Mandalika], saya mencoba melakukan yang terbaik dan akhirnya kami jadi yang teratas. Musim ini tidak mudah, banyak balapan dan momen, namun kami berupaya yang terbaik dan senang berada di sini,” ujar Toprak dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (24/11/2021).

Menurut Toprak, Johnny [Jonathan Rea] adalah legenda WorldSBK, juara enam kali dan dia bagus di kondisi basah, kering, setiap balapan. Johnny telah membantunya ketika mengawali balapan.

“Dia pria yang baik dan kami berteman di luar sirkuit. Saya tidak pernah mengubah pola pikir saya dan fokus pada kemenangan tiap weekend. Selamat untuk semua pembalap, yang sudah berusaha yang terbaik,” ujar Toprak.

Baca Juga: 2 Ganda Putri Mundur, Greysia/Apriyani Jadi Andalan di Indonesia Open

Pencapaian Luar Biasa

Gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 merupakan bagian dari pesta kemenangan Yamaha yang juga menjuarai kategori konstruktor dan Pata Yamaha with Brixx WorldSBK di kategori tim. (Istimewa)
Gelar juara dunia FIM Superbike World Championship 2021 merupakan bagian dari pesta kemenangan Yamaha yang juga menjuarai kategori konstruktor dan Pata Yamaha with Brixx WorldSBK di kategori tim. (Istimewa)

Menurut Toprak, dia senang melihat Yamaha juara lagi untuk kali pertama sejak 2009. “Gelar ini untuk ayah saya, ini hari yang luar biasa, dia selalu berkata suatu hari nanti kami akan melihatmu sebagai juara dunia, jadi saya mengatakannya lagi untuknya. Saya menginginkan lagi di musim depan, bertarung kembali dan mencoba menang di setiap balapan,” ujarnya.

Sementara itu, pembalap Andrea Locatelli juga merasa senang dan bangga atas kemenangan Toprak. “Melihat kembali musim ini, bagus bagi saya finis P4 di kejuaraan ini. Saya sangat senang untuk Toprak dan tim karena kami memenangkan semuanya. Saya tidak begitu senang di balapan terakhir, namun ini tahun pertama saya dan mulai memahami kejuaraan WorldSBK. Untuk tahun depan, kami pasti akan kembali lebih kuat. Saya sangat senang untuk semuanya di tim, karena tanpa mereka kesuksesan tahun ini tidak akan mungkin terjadi,” ujarnya,

Di sisi lain, Team Principal Pata Yamaha with Brixx WorldSBK, Paul Denning juga bangga atas prestasi Toprak. “Musim yang luar biasa, momen yang sangat emosional. Saya sangat senang untuk semuanya di tim dan Yamaha. Bagi Toprak, sebagai manusia, bukan hanya atlet, meraih pencapaiannya ini luar biasa. Dia tetap rendah hati, menghormati semua orang dan bekerja sebagai bagian sejati dari tim. Dia mengalami saat-saat yang sulit yang bukan salahnya tahun ini, dan kembali tanpa membuat satu kesalahan pun sangat mengesankan,” ujarnya.

Paul juga mengatakan bahwa Jonathan (Rea) akan kembali kuat lagi, karena dia telah meningkatkan penampilannya sendiri tahun ini untuk bertarung dengan Toprak. “Loka [Andrea Locatelli] juga mengakhiri musim perdananya yang fantastis dengan menempati posisi ke-4 dan rookie teratas. Dia sungguh telah menunjukkan bahwa dia talenta luar biasa dan melakukan kinerja fantastis untuk menjadi yang terbaik di belakang tiga besar. Kondisi balapan [di Mandalika] sulit, tapi dia membalap dengan matang. Kami memiliki orang-orang hebat di tim dan saya ingin berterimakasih kepada semuanya atas kerja keras dan komitmen mereka tahun ini,” ujar Paul.

Berita Terkait

Espos Plus

Berita Terkini

Ingin Motor Anda Hemat Bahan Bakar? Ini Caranya

Lantas bagaimana agar bisa menghemat BBM sepeda motor kendati digunakan setiap hari, berikut tipsnya.

Mobil Edisi Khusus Chevrolet, Corvette 70th Anniversary

Corvette 70th Anniversary Edition memiliki velg yang unik dengan center cap serta finishing yang gelap serta garis Edge Red.

Desain Truk Listrik Pininfarina Xingtu yang Aerodinamis dan Ekspansif

Truk bertenaga listrik Pininfarina Xingtu desainnya digarap perusahaan desain mobil Italia Pininfarina.

Bob-e Motor Listrik Bertampang Sangar dari Ignitron Motorcorp

Bob-e merupakan motor listrik produk dari perusahaan rintisan sepeda listrik Ignitron Motocorp dan dirancang khusus untuk pasar India.

Tips Otomotif: Ini Akibatnya Jika Tangki BBM Tak Full

Salah satu kebiasan tidak baik adalah tidak mengisi tangki bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan hingga full.

Kembangkan Kendaraan HEV, Renault Gandeng Geely

Selain memproduksi mobil HEV dan ICE yang rendah emisi, kerja sama itu juga menandai upaya Renault dan Geely untuk mengoptimalkan pasar otomotif kawasan Asia.

Ini Dua Mobil Wuling Terlaris Penjualannya di Indonesia

Ada dua mobil Wuling yang paling laris, sehingga mendongkrak kinerja produsen mobil asal China tersebut.

Cadillac Segera Rilis Produk Baru, Escalade-V 2023

Cadillac dikabarkan segera meluncurkan sebuah kendaraan unggulan terbaru yang digadang-gadang sebagai Cadillac Escalade-V 2023.

Menjajal Ketangguhan Terios Menyusuri Destinasi Menawan di Ibu Kota Negara

Salah satu destinasi yang dituju Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders adalah Bukit Bangkirai yaitu kawasan wisata hutan tropis seluas 1.500 hektare.

Kecelakaan Maut Balikpapan, Lakukan Ini Saat Rem Blong

Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang wajib dilakukan ketika menghadapi rem blong sehingga dapat mengurangi potensi kecelakaan yang dapat terjadi.

Ada Masalah Pada Lampu Rem, Ford Tarik 200.000 Unit

Penarikan ini untuk memperbaiki masalah pada lampu rem yang dapat terus menyala. Karena ini bisa membingungkan pengendara lain.

Antisipasi Ban Kempis, Siapkan Pompa Ban Portabel dari Portronics

Portronics Vayu dapat digunakan untuk memompa ban kendaraan, sepeda motor, atau bahkan bola.

Volkswagen dan Bosch Sepakat Patungan Produksi Baterai

Volkswagen dan Bosch kerja sama mendorong produksi baterai di Eropa dengan mendirikan usaha patungan.

Mazout Electric Luncurkan Sepeda Motor Penjelajah Bertenaga Listrik

Perusahaan elektrik di India, Mazout Electric mengembangkan sepeda motor penjelajah bertenaga listrik.

Tips Agar Kaca Mobil Anda Tak Berjamur

Apabila dibiarkan jamur akan menggangu visibilitas pengemudi. Untuk itu kebersihan kaca mobil harus diperhatikan agar tak muncul jamur.

Wacana Program Mobil Rakyat Bergulir, Ini Prediksi Penjualan Mobil di 2022

Proyeksi pasar juga tergantung dari persetujuan mobil rakyat yang tentunya akan berdampak positif bagi pasar otomotif tahun 2022 ini.