Juara Community Shield 2019, City Samai Pencapaian Arsenal
Manchester City (Reuters-David Klein)

Solopos.com, LONDON — Manchester City mengawali kampanyenya jelang Liga Premier 2019/2020 dengan positif seusai memenangi ajang Community Shield. City berhasil mempertahankan gelar tersebut berkat menang adu penalti 5-4 atas Liverpool, setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal di Wembley, Minggu (4/8/2019) malam WIB.

Meski hanya trofi minor, gelar Community Shield semakin menahbiskan The Citizens sebagai penguasa di Tanah Inggris. Gelar tersebut juga membawa Kevin de Bruyne dkk. menyamai capaian Arsenal pada 2002 yang berhasil memenangi Community Shield setelah menjuarai Liga Premier dan Piala FA pada musim sebelumnya.

Performa brilian Claudio Bravo menjadi salah satu faktor penting kemenangan City atas The Reds. Meski sepanjang musim lalu tak bisa tampil karena cedera parah, performa ciamik Bravo faktanya tak sedikit pun berkurang. Kiper Timnas Chile itu berulangkali berjibaku untuk menepis peluang Liverpool. Upaya Mohamed Salah, Adam Lallana hingga Xherdan Shaqiri harus mentah di tangan kiper 36 tahun itu.

Puncaknya ketika dia sukses menggagalkan eksekusi penalti Georginio Wijnaldum di babak tos-tosan. Penyelamatan tersebut menjadi kunci kemenangan City setelah kelima penendang timnya mampu menunaikan tugas dengan baik.

Bravo mengaku merasa seperti terlahir kembali setelah cedera yang dialaminya musim lalu. “Bagi saya, musim ini akan menjadi awal yang baru,” ujar Bravo sebelum laga, seperti dilansir BBC.

Meski sama-sama tidak diperkuat skuat terbaik, duel Liverpool kontra City berlangsung sengit dengan saling jual-beli serangan. City unggul lebih dulu di menit ke-12 lewat Raheem Sterling yang memaksimalkan umpan sontekan David Silva di mulut gawang. Tensi pertandingan semakin meningkat di babak kedua setelah tembakan Sterling yang lolos perangkap offside hanya mengenai tiang gawang.

Hal itu membuat The Reds tersentak. Di menit ke-57, Virgil van Dijk melepaskan tendangan voli yang membentur mistar dan menyentuh garis gawang. Suporter mengira bola sudah melewati gawang. Namun wasit Martin Atkinson memutuskan itu tidak gol mengacu teknologi garis gawang. Liverpool kembali membuang peluang semenit kemudian setelah tembakan Salah hanya membentur tiang.

The Reds membuat duel memanas setelah Joel Matip mencetak gol di menit ke-78. Dia menyundul bola hasil umpan van Dijk. Jelang laga berakhir Liverpool membombardir pertahanan City tapi tak ada yang berbuah gol. Duel pun berlanjut ke adu penalti yang berakhir kemenangan 5-4 bagi City.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menilai hasil Community Shield tak akan berdampak pada jalannya musim. “Kami harus membuktikan diri kami di perjalanan musim, bukan dalam satu laga saja,” ujarnya. 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom