JUAL BELI ONLINE : Buka Kantor di Jatim, Mobile123 Ingin Kuasai Pulau Jawa

JUAL BELI ONLINE : Buka Kantor di Jatim, Mobile123 Ingin Kuasai Pulau Jawa

SOLOPOS.COM - Peluncuran Mobil123.com di Surabaya. (Peni Widarti/JIBI/Bisnis)

Jual beli online mobil diincar sepenuhnya oleh Mobile123.

Solopos.com, SURABAYA — Situs jaringan jual beli otomotif secara online, Mobile123, tahun 2015 ini akan memperluas pasar di seluruh Pulau Jawa seiring dengan semakin bertumbuhnya tren jual beli kendaraan melalui media internet. Setelah memiliki kantor di Jakarta dan membuka kantor di Surabaya, Mobile123 berencana akan menambah kantor di Bandung dan Semarang, akhir semester I tahun 2015 ini.

Marketing Departement Mobile123, Irwan Nurfiandy mengatakan di Jawa Timur, pihaknya mengincar 450 diler mobil untuk beriklan di situs tersebut. Hingga saat ini sudah sekitar 370 diler yang kebanyakan berada di Surabaya.

"Tantangan untuk bisnis mobil bekas itu kan pasang surut, ada diler baru buka lalu tiba-tiba tutup. Namun kami akan terus melakukan pendekatan terhadap diler-diler dengan menawarkan aplikasi Si Jari atau sistem manajemen respon dan iklan terlengkap," jelasnya dalam konferensi pers peresmian kantor Mobile123 di Surabaya, Senin (18/5/2015).

Dia mengatakan tren pertumbuhan jual beli mobil bekas secara online perlahan akan menggeser cara belanja mobil secara konvensional. Saat ini tercatat 70% pembelian mobil bekas melalui online, dan sisanya dengan cara datang langsung.

Hanya saja, pembelian mobil melalui online dilakukan saat pencarian saja. Untuk memastikan barang yang hendak dibeli, konsumen tetap melakukan tatap muka dengan si penjual.

"Pembelian dengan cara tradisonal memang berkurang, tapi mereka pasti akan melihat dulu barangnya untuk menunjukan tingkat kepercayaannya. Apalagi sekarang banyak modus penipuan jual beli mobil online. Ada gambarnya, sudah DP uangnya ternyata tidak ada barangnya," jelasnya.

300.000 List/Bulan
Listing Force Manager Mobile123, Rangga Prastiko mengungkapkan, setiap bulan tercatat ada sekitar 300.000 list atau calon pembeli mobil bekas melalui Mobile123. Sedangkan tingkat kunjungan situs atau traffic nya tercatat mencapai 1,5 juta pengunjung.

"Kepastian atau deal dari 300.000 orang yang minat untuk membeli mobil itu sulit diketahui karena jual beli dilakukan langsung antara penjual dan pembeli. Namun kami perkirakan dari jumlah list itu ada sekitar 10.000 an orang yang sepakat untuk transaksi," jelasnya.

Pasar otomotif sepanjang kuartal I/2015 memang cenderung melambat baik mobil baru dan mobil bekas. Mobile123 mengakui melambatnya industri otomotif ini juga mempengaruhi tingkat kunjungan dan list jual beli mobil bekas online.

"Dari sisi list pada kuartal I tahun ini turun sampai 5%, memang tidak terlalu besar. Kami berharap pasar otomotif kembali bergairah pada semester II nanti," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ribuan Pengunjung Serbu Ndayu Park Sragen di H+2 Lebaran

Ribuan warga berlibur ke objek wisata Ndayu Park Sragen pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Terminal Sukoharjo Sepi, Hanya PO Lokal yang Beroperasi

Sepinya penumpang bus di Terminal Sukoharjo terjadi sejak pengetatan aturan perjalanan mulai 22 april-5 Mei.

Pasar Tunggu Kebangkitan Kerajinan Kuningan Juwana

Juwana merupakan Kecamatan yang menghubungkan Kota Pati dan Kota Rembang.  Di Kecamatan ini pula dikenal sebagai penghasil kerajinan kuningan, yang dikenal dengan Kuningan Juwana.

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Duh, Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Warga dengan gangguan jiwa asal Kampung Teguhan, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Sabtu (15/5/2021) siang.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.

China Sukses Daratkan Wahana Penjelajah di Planet Mars

China berhasil mendaratkan wahana penjelajah di Planet Mars, Sabtu (15/5/2021). Dengan ini China menjadi negara kedua yang mendaratkan wahana seperti itu di Mars.