SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Solopos.com, SOLO — Praktik jual beli ijazah memang ramai peminat. Nyatanya, permintaan pembuatan ijazah perguruan tinggi ini meningkat, termasuk seiring banyaknya orang yang berminat menjadi calon anggota legislatif (caleg).

Seorang penjual ijazah yang ditemui Solopos.com di salah satu pusat perbelanjaan di Solo, Rabu (29/1/2014), mengakui hal itu. Orang berinisial Er itu mengaku pernah kuliah di sebuah perguruan tinggi di Kota Jogja dan jaringannya mencakup 30 perguruan tinggi (PT) swasta berakreditasi B di daerah Jawa Timur.

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

Lelaki berusia sekitar 35 tahun itu menjamin ijazah yang di buat aman dipakai untuk melamar pekerjaan, kenaikan pangkat dan golongan, atau persyaratan sebagai calon anggota legislatif. Saat ini, menurut dia, permintaan pembuatan ijazah meningkat seiring banyak orang yang berminat menjadi caleg.

Ekspedisi Mudik 2024

”Sebagian besar minta ijazah tanda gelar SH [Sarjana Hukum] dan MH [Magister Hukum],” kata dia seraya menunjukkan berkas-berkas dan formulir yang telah diisi oleh para pemesan ijazah. Dari berkas yang sempat dibaca Solopos.com, ada data pemesan ijazah tersebut adalah kalangan polisi serta karyawan perbankan.

”Kemarin [Selasa (28/1/2014) ada 10 karyawan BRI dari berbagai wilayah di Soloraya yeng memesan ijazah kepada saya,” kata lelaki yang mengaku sudah bertahun-tahun menekuni jasa pembuatan dan penjualan ijazah tersebut.

Untuk pembeli di kawasan Soloraya, Er akan membuatkan ijazah dari kampus di luar wilayah Soloraya dan di luar wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal itu untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk jika ada kebijakan bahwa untuk melanjutkan kuliah harus mengantongi surat izin belajar dari instansi terkait.

Sistem ini juga berlaku sebaliknya. Misalnya, warga Surabaya yang ingin pesan ijazah, oleh Er akan dibuatkan ijazah dari kampus di luar Surabaya. “Kalau ijazahnya dari luar kota kan aman dan bisa beralasan transfer kuliah,” kata dia.

Baca juga: Praktik Jual Beli Ijazah “Bermitra” dengan Perguruan Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya