JSMR siap naikkan tarif tol

JAKARTA: Perusahaan pengelola jalan tol PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Senin(18/05), menyatakan pihaknya telah memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) sebagai syarat menaikkan tarif tol pada Agustus 2009. Realisasi kenaikan tarif sudah dibahas dan tinggal menunggu persetujuan pemegang saham.

Besaran tarif, didasarkan pada tingkat inflasi dua tahun terakhir. Dari 13 ruas tol yang ada, sebanyak 11 ruas tol akan dinaikan tarifnya mulai Agustus mendatang. Sedangkan dua ruas tol, Cikampek dan Sediyatmo, tidak dinaikkan karena sudah naik di tahun 2008 lalu.

Kinerja JSMR sendiri selama kuartal 1 tahun ini relative datar. Laba bersih JSMR hanya tumbuh sebesar 4% (YoY)menjadi Rp196,5 miliar pada kuartal I 2009. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan pendapatan yang juga hanya 4,2% (YoY) menjadi Rp832,9 miliar. Pertumbuhan pendapatan sendiri terjadi pada hampir semua ruas tol yang dimiliki oleh perseroan. Laba usaha JSMR juga hanya naik tipis 1,6% (Y0Y) menjadi Rp367,7 miliar.

Saat ini,  JSMR sedang melakukan finalisasi kredit senilai Rp3 triliun dengan sejumlah bank. Dana tersebut setara dengan 70% dari total kebutuhan pendanaan. Dana akan digunakan JSMR buat pengembangan ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Dengan adanya ekspansi tersebut, perseroan optimis target pendapatan Rp3,7 triliun tahun ini dan Rp7 triliun pada 2012 akan tercapai. Selain itu, JSMR juga siap menjadi operator jalan tol Surabaya Madura dengan tarif per kendaraan sebesar Rp35.000. (Vibiznews)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom