SOLOPOS.COM - Jozeph Paul Zhang (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Baru-baru ini media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya video seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang. Pasalnya, pria ini  membuat pengakuan jika dirinya merupakan nabi ke-26.

Video pengakuan tersebut disampaikan dalam sebuh forum diskusi melalui Zoom yang juga diunggah di channel YouTube pribadinya. Pernyataan tersebut pun langsung membuat kontroversi di kalangan masyarakat. Bahkan, karena hal ini pihak Bareskim Polri langsung melakukan pelacakan terhadap keberadaan Jozeph Paul Zhang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan, seorang pria bernama Husin Shahab melaporkan Jozeph ke Bareskrim Polri dengan dugaan telah melakukaan penistaan agama. Laporan tersebut pun telah teregister dengan nomor LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021.

Baca Juga:  Ketahui Sit Up Yang Benar Saat Puasa Agar Tubuh Tak Lemas

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut ini beberapa fakta terkait dengan video Jozeph Paul Zhang yang viral di media sosial dan diduga telah melakukaan penistaan agama, Senin (19/4/2021).

1. Berawal dari video forum diskusi yang viral di media sosial

Pria bernama Jozeph Paul Zhang baru ini tengah menjadi sorotan warganet. Pasalnya, dalam salah satu video yang baru-baru ini beredar di media sosial, dirinya membuat pengakuan sebagai nabi ke-26. Tak hanya itu, ia bahkan turut menyebut jika ia akan membenarkan ajaran-ajaran dari nabi sebelumnya.

Pengakuan Jozeph Paul Zhang ini pun langsung menuai banyak kritik dari warganet. Bahkan, seolah tak takut dengan hukum yang berlaku, ia juga menantang siapa saja yang benari melaporkan dirinya terkait dengan penistaan agama.

“Gua kasih sayembara. Gua udah bikin video. Saya udah bikin video tantangan. Yang bisa laporin gua ke polisi gua kasih uang yang bisa laporin gua ke polisi penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang. Meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabulullah,” ujar Jozeph seperti seperti dikutip dari Liputan6.com pada  Senin (19/4/2021).

2. Tengah dilakukan penyidikan

Terkait dengan beredarnya video viral mengenai Jozeph yang mengaku sebagai nabi ke-26, pihak Bareskrim Polri tengah melakukan penyidikan. Pihak kepolisian juga tengah mendalami dokumen dan bukti-bukti atas dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Jozeph.

Baca Juga: Ini Persiapan Wajib Lansia Sebelum Disuntik Vaksin Corona Saat Puasa

“Sedang didalami, lengkapi dokumen penyidikannya,” kata Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

3. Pelaku tak di Indonesia

Pihak kepolisian hingga saat ini diketahui masih melakukan pelacakan keberadaan Jozeph Paul Zhang. Pasalnya, Kabareskrim, Komisaris Jendral Agus Andrianto menduga jika Jozeph tidak berada di Indonesia.

“Kami berkoordinasi dengan Imigrasi dengan baik. Data yang bersangkutan [Jozeph Paul Zhang] meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 dan tercatat belum kembali,” ujar Agus.

4. Bekerja sama dengan Interpol

Adanya dugaan bila Jozeph Paul Zhang tak berada di Indonesia membuat pihak kepolisian memilih menggandeng Interpol. Pihak kepolisian sendiri telah berkoordinasi dengan Ditjen Imigrasi terkait keberadaan Jozeph. Bahkan, pria yang mengaku sebagai nabi ke-26 tersebut telah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 lalu.

Baca Juga: Ini 5 Bukti Corona Menular Melalui Udara

“Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri,” kata Agus.

5. Akan terbitkan DPO

Agus menyebutkan jika Bareskrim Polri yang berkerjasama dengan kepolisian luar negeri akan memasukkan nama Jozeph Paul Zhang dalam daftar pencarian orang. Hal ini dilakukan agar pria tersebut bisa di deportasi dari negara tempat tinggalnya saat ini.

“Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan,” jelas Agus.

6. Jozeph Paul diduga berada di Jerman

Husin Shahab selaku pelapor Jozeph Paul Zhang menyebutkan jika ia mendapatkan informasi mengenai keberadaan Jozeph di luar negeri. Ia menduga jika terlapor saat ini berada di Jerman.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya