SOLOPOS.COM - Joko “Paloma” Santosa (kedua dari kiri) melakukan salam komando dengan Ketua PDM Sukoharjo, Wiwaha Aji Santosa (kedua dari kanan), di Desa Mulur, Bendosari, Sukoharjo, Minggu (23/2/2020). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup), Joko Paloma Santosa-Wiwaha Aji Santosa atau Joswi mengincar tambahan rekomendasi empat partai politik lain untuk maju di Pilkada Sukoharjo 9 September.

Keempat partai politik itu yakni Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan Joswi telah mengantongi rekomendasi dua parpol sebagai tiket menuju pesta demokrasi Kabupaten Jamu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dua parpol yang telah menerbitkan rekomendasi untuk Joswi yakni Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sejatinya, pasangan Joswi telah memenuhi syarat mendaftar sebagai pasangan dengan dukungan dua partai itu di Pilkada Sukoharjo.

Waspada! Sumber Penularan 7 Pasien Positif Covid-19 Sukoharjo Belum Terlacak

Syarat pendaftaran pasangan calon yang diusung partai politik atau gabungan partai politik minimal sembilan kursi di parlemen. Gabungan perolehan kursi Partai Gerindra dan PKS Sukoharjo sudah 10 kursi.

Demi menguatkan koalisi partai, duet Joswi mengincar rekomendasi empat partai lain. “Kami terus membangun komunikasi politik dengan Partai Golkar, PKB, PAN dan Partai Nasdem. Tunggu saja tanggal mainnya untuk rekomendasi pasangan calon yang diusung dalam pilkada,” kata Joko Paloma kepada Solopos.com, Rabu (17/6/2020).

Basis Massa

Keempat partai politik itu dinilai memiliki basis massa yang tersebar di 12 kecamatan Kabupaten Sukoharjo. Para kader dan simpatisan loyal terhadap partai menjadi ujung tombak dalam menyosialisasikan figur pasangan calon.

Rekomendasi DPP PDIP Untuk Pilkada Solo Jatuh ke Gibran dan Teguh? Rudy Tak Percaya

Apabila keempat partai itu bergabung dengan gerbong Partai Gerindra-PKS mendukung Joswi, itu bakal menjadi poros koalisi besar yang siap menantang pasangan calon dari PDIP di Pilkada Sukoharjo.

Merujuk perolehan kursi di parlemen, Partai Golkar dan PAN meraih lima kursi, PKB meraih tiga kursi dan Partai Nasdem satu kursi. “Mudah-mudahan rekomendasi empat partai segera terbit secepatnya lantaran pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum [KPU] Sukoharjo tinggal beberapa bulan lagi,” ujar Joko.

Anggota DPRD Sukoharjo ini menyampaikan komunikasi politik dengan struktural partai dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Pasangan Joswi juga mulai merancang strategi politik untuk mendulang suara pada Pilkada Sukoharjo.

5 Pasien Positif Corona Solo Sembuh, 3 Di Antaranya Klaster Joyotakan

Sebelumnya, DPD PAN Sukoharjo telah mengajukan pasangan Joswi untuk mendapat rekomendasi partai ke DPP PAN. Struktural partai berlambang matahari terbit itu optimistis rekomendasi partai jatuh ke pasangan Joswi.

Pasangan Joswi juga telah mengikuti fit and proper test di DPP PKB di Jakarta pada akhir Februari. Kala itu, mereka memaparkan visi dan misi serta program unggulan di hadapan tim asistensi DPP PKB.

“Sudah ada jaminan rekomendasi dari DPP PAN. Tidak lama lagi rekomendasi terbit untuk pasangan Joswi,” kata Ketua DPD PAN Sukoharjo, Sunoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya