Tutup Iklan

Josss… Pemilik Bengkel di Ceper Klaten Ini Sediakan Oksigen & Ambulans Gratis untuk Warga

Seorang pemilik bengkel di Kecamatan Ceper, Klaten, membagikan oksigen dan menyediakan ambulans gratis bagi warga yang membutuhkan.

 Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

Solopos.com, KLATEN – Bengkel mesin di Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah, membagikan oksigen gratis kepada warga yang membutuhkan. Pemilik bengkel juga meminjamkan mobilnya yang bisa dipakai sebagai ambulans untuk membawa pasien maupun jenazah.

Kegiatan yang diberi nama Sambang Warga itu berawal dari keprihatinan pemilik bengkel HNS Putra Bersaudara, Sutarto, saat melihat tetangganya meninggal karena kehabisan stok oksigen.

“Kita prihatin, dulu ada warga sini yang kesulitan oksigen. Warga tetangga itu akhirnya meninggal dunia,” terang Sutarto seperti dilansir Detik.com, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Senam hingga Berjemur, Inilah Aktivitas Warga di Tempat Isolasi GOR Gelarsena Klaten

Pria 50 tahun itu tergerak menyisihkan enam dari tujuh tabung oksigen miliknya untuk membantu warga dengan diisi oksigen medis. Meskipun sebenarnya dia juga mengalami kesulitan mendapat stok oksigen untuk kebutuhan industri. Sebagai informasi, oksigen untuk industri dan kebutuhan medis sangat berbeda.

“Oksigen dikurangi, ditarik banyak ke medis. Tapi apa ya hanya untuk cari untung saja sementara satu nyawa sesama itu kan berharga,” jelas Sutarto.

Baca juga: Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Sutarto menyebut sudah membagikan puluhan tabung oksigen gratis kepada warga di Klaten. Dia mendapat pasokan oksigen dari hasil melobi distributor.

“Sudah puluhan tabung kita isi gratiskan tidak hanya lokal. Ada juga dari luar kecamatan Ceper, misalnya Kecamatan Bayat, Kemalang, Karangdowo dan lainnya yang jaraknya cukup jauh,” terang Sutarto.

Baca juga: Jakarta Diprediksi Tenggelam, Presiden AS Ingatkan Indonesia Pindah Ibu Kota

Bukan hanya pengisian oksigen, pemilik bengkel di Klaten itu juga meminjamkan mobil untuk dijadikan ambulans.

“Kita adakan ambulans juga karena kita prihatin sulitnya warga mencari ambulans. Kita beli dari Ciamis, dan bisa digunakan untuk pasien atau jenazah,” terangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Terapis Gay yang Digerebek di Indekos Solo Ngaku Punya Istri dan Anak

Selama tinggal di rumah kos atau indekosnya, para terapis gay bersama seorang mucikarinya berinisial D menyewa dua kamar.

Saluran Irigasi di Wonosari Klaten Memerah, Polisi Tunggu Hasil Lab

Polisi masih menunggu hasil laboratoriumnya untuk mengetahui apakah ada zat-zat tertentu atau zat berbahaya yang mencemari saluran irigasi itu.

Setelah Pasar Janglot, Giliran 2 Rumah Depan Pasar Galeh Terbakar

Penyebab kebakaran itu belum diketahui secara pasti tetapi satu dari dua unit bangunan rumah rumah itu di Desa Galeh itu ludes dengan kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kecil-Kecil, Magot Mampu Reduksi 6 Ton Sampah di Makamhaji Kartasura

DLH Sukoharjo mengajak pemerintah desa/kelurahan membudidayakan magot untuk mengurangi volume sampah yang diproduksi masyarakat.

Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Warga RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mengelola kebun sayuran di lahan bekas relokasi bantaran Sungai Bengawan Solo. Keberadaan kebun itu membantu mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 sekaligus mendukung program kesehatan pencegahan stunting.

Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Lokasi penyelenggaraan Solo International Performing Art atau SIPA Hybrid Festival 2021 dipindah dari Mangkunegaran ke TSTJ.

Pemadaman Listrik Solo, Karanganyar, Klaten, Selasa (28/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo, Karanganyar dan Klaten hari ini, Selasa (28/9/2021) yang berlangsung selama tiga, empat dan lima jam.

8 Fakta Terbongkarnya Praktik Prostitusi Gay di Indekos Nusukan Solo

Terbongkarnya praktik prostitusi kaum gay di salah satu rumah indekos wilayah Nusukan, Banjarsari, Solo, mengungkap sejumlah fakta.

Pendampingan Kelompok Rentan HIV/AIDS di Sragen Terhambat PPKM

KPA Sragen mengkoordinasi Dinas Kesehatan dan rumah sakit (RS) untuk mengobati pasien positif HIV/AIDS.

Pelaku Prostitusi Gay Terciduk di Indekos Solo, Sekamar Dipakai Berlima

Para terduga pelaku prostitusi gay di indekos wilayah Nusukan, Solo, menempati dua kamar di mana salah satunya dipakai berlima.

Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri Batal Dihentikan, Ini Alasannya

Mahasiswa berprestasi penerima beasiswa secara terorganisasi terlibat langsung dalam program yang dijalankan organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pemerintah desa.

Gibran Ungkap Alasan di Balik Tes Antigen Guru-Murid SDN Laweyan Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan alasan di balik tes antigen mendadak dan acak di SDN Laweyan No 54 Solo.

PTM di SMKN 3 Klaten Tak Terapkan Sistem Sif Pagi-Siang

Sistem pergantian siswa yang mengikuti PTM dilakukan pergantian setiap hari untuk mempermudah proses sterilisasi ruang kelas.

Ini Sederet Keunggulan Colomadu Calon Solo Baru-nya Karanganyar

Ada banyak pertimbangan melatarbelangi rencana menjadikan Colomadu sebagi pusat bisnis, terutama berkaitan dengan akses, fasilitas penunjang, dan sarana transportasi.

Jelang Pengeringan Colo Barat, Petani Selogiri Tak Khawatir

Sebagian besar tanaman padi berpeluang besar tetap bisa panen walaupun tak mendapat irigasi ketika nanti saluran irigasi kering.