Tutup Iklan

Josss… Pemilik Bengkel di Ceper Klaten Ini Sediakan Oksigen & Ambulans Gratis untuk Warga

Seorang pemilik bengkel di Kecamatan Ceper, Klaten, membagikan oksigen dan menyediakan ambulans gratis bagi warga yang membutuhkan.

 Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tabung oksigen. (theconverstaion.com)

Solopos.com, KLATEN – Bengkel mesin di Desa Klepu, Kecamatan Ceper, Klaten, Jawa Tengah, membagikan oksigen gratis kepada warga yang membutuhkan. Pemilik bengkel juga meminjamkan mobilnya yang bisa dipakai sebagai ambulans untuk membawa pasien maupun jenazah.

Kegiatan yang diberi nama Sambang Warga itu berawal dari keprihatinan pemilik bengkel HNS Putra Bersaudara, Sutarto, saat melihat tetangganya meninggal karena kehabisan stok oksigen.

“Kita prihatin, dulu ada warga sini yang kesulitan oksigen. Warga tetangga itu akhirnya meninggal dunia,” terang Sutarto seperti dilansir Detik.com, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Senam hingga Berjemur, Inilah Aktivitas Warga di Tempat Isolasi GOR Gelarsena Klaten

Pria 50 tahun itu tergerak menyisihkan enam dari tujuh tabung oksigen miliknya untuk membantu warga dengan diisi oksigen medis. Meskipun sebenarnya dia juga mengalami kesulitan mendapat stok oksigen untuk kebutuhan industri. Sebagai informasi, oksigen untuk industri dan kebutuhan medis sangat berbeda.

“Oksigen dikurangi, ditarik banyak ke medis. Tapi apa ya hanya untuk cari untung saja sementara satu nyawa sesama itu kan berharga,” jelas Sutarto.

Baca juga: Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Sutarto menyebut sudah membagikan puluhan tabung oksigen gratis kepada warga di Klaten. Dia mendapat pasokan oksigen dari hasil melobi distributor.

“Sudah puluhan tabung kita isi gratiskan tidak hanya lokal. Ada juga dari luar kecamatan Ceper, misalnya Kecamatan Bayat, Kemalang, Karangdowo dan lainnya yang jaraknya cukup jauh,” terang Sutarto.

Baca juga: Jakarta Diprediksi Tenggelam, Presiden AS Ingatkan Indonesia Pindah Ibu Kota

Bukan hanya pengisian oksigen, pemilik bengkel di Klaten itu juga meminjamkan mobil untuk dijadikan ambulans.

“Kita adakan ambulans juga karena kita prihatin sulitnya warga mencari ambulans. Kita beli dari Ciamis, dan bisa digunakan untuk pasien atau jenazah,” terangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waduh, Mayoritas Pasar di Sragen Ternyata Rawan Kebakaran

Untuk antisipasi potensi kebakaran, pedagang diimbau lebih berhati-hati dan bila memungkinkan dilakukan simulasi kebakaran pasar.

Percepatan Vaksinasi di Wonogiri Terkendala SDM Vaksinator dan Internet

Joko Sutopo menyiapkan langkah strategis untuk merampungkan vaksinasi sesuai target, seperti penjadwalan ulang, kesiapan SDM vaksinator, data, dan stok vaksin.

Ngeri Lur! Eks Terminal Kartasura Jadi Lokasi Pesta Miras dan Esek-Esek

Lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang mangkrak bertahun-tahun malah disalahgunakan untuk pesta miras dan mangkal PSK.

Pengakuan Pria Sragen Nekat Bakar Mobil Tetangga: Merasa Terganggu

Aaksi nekat bakar mobil tetangga tersebut dilakukan AN secara sadar tanpa melibatkan pihak lain dan tidak berkaitan dengan peristiwa di mana pun.

Asyik! 8 Mobil Listrik Bergaya Klasik Siap Antar Turis Keliling Solo

Pemkot Solo dapat bantuan delapan unit mobil listrik bergaya klasik untuk mengantar wisatawan blusukan tempat wisata di Kota Solo.

PTM di Wonogiri Tunggu Vaksinasi Siswa dan Guru Rampung

Wonogiri akan menggelar PTM jika seluruh murid dan guru selesai divaksinasi dan fasilitas pendukung memenuhi syarat.

Jumlah Petani Muda Makin Banyak

Gerakan menarik kaum muda di Kabupaten Klaten agar mau berkecimpung di dunia pertanian makin masif, salah satunya dilakukan Komunitas Petani Muda Klaten.

Jejak Limbah Ciu Hilang Tersapu Hujan, Kali Samin Sukoharjo Bersih Lagi

Air Kali Samin yang sempat berubah hitam karena tercemar limbah ciu dari sentra industi ciu Mojolaban dan Polokarto, Sukoharjo, kembali bersih.

Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

Harga Cabai dan Bawang Putih di Wonogiri Naik Tipis

Cabai merah besar, cabai keriting, rawit hijau, dan hijau besar di Wonogiri naik harga selama beberapa pekan terakhir.

145 Siswa 2 SMP di Sragen Mendadak Dites Antigen, Hasilnya...

Tes swab antigen kepada pelajar SMP dimulai Senin untuk antisipasi munculnya klaster sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM).

171 Siswa-Guru SDN Laweyan No 54 Solo Mendadak Dites Antigen, Ada Apa?

Sebanyak 171 siswa, guru, dan tenaga pendidik SDN Laweyan No 54 mendadak di tes swab antigen pada Senin (27/9/2021).

Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Peserta vaksinasi Covid-19 di lima lokasi Kota Solo yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, mendapat bantuan beras 5 kg.

Lebihi Target, Vaksinasi di Boyolali Capai Lebih 50%

Percepatan vaksinasi terus dilakukan di Boyolali dengan pendekatan cukup agresif melalui tim di masing-masing desa.

6 KDRT Terjadi di Karanganyar, Ada Korban Alami Paksaan Hubungan Seks

Selain kekerasan seksual, dalam periode yang sama di Karanganyar juga terdapat 22 kekerasan terhadap anak yang dilaporkan.