Joss! Di Tengah Pandemi Covid-19, Wonogiri Perbaiki 33 Ruas Jalan
Proses pembangunan ruas jalan di salah satu wilayah di Wonogiri beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memperbaiki 33 ruas jalan yang tersebar di sejumlah wilayah Wonogiri pada 2020.

Pekerjaan tersebut tetap berjalan meski di tengah pandemi Covid-19. Jalan yang diperbaiki meliputi jalan kabupaten dan jalan yang diusulkan oleh pemerintah desa di Wonogiri.

Untuk pembangunan jalan kabupaten nantinya meliputi peningkatan jalan dan pemeliharaan. Di sisi lain, kondisi jalan di Wonogiri sebagian besar baik, yakni 62 persen. Sementara 13,5 persen jalan dalam kondisi rusak dan rusak berat.

Tokoh Ini Usul Pencalonan Gibran dan Bobby Dibatalkan, Biar Rakyat Hormat

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), mengatakan pembangunan jalan tersebut dilakukan dalam sekali pekerjaan alias program satu ruas tuntas. Model ini merupakan salah satu kebijakan di pemerintahannya.

Menurut Jekek, dengan metode tersebut dapat memicu pertumbuhan ekonomi di Wonogiri. Terlebih di saat pandemi Covid-19, banyak sektor ekonomi baik dalam skala nasional dan daerah terdampak.

"Pembangunan jalan merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi," kata dia kepada wartawan di Pendapa Kantor Kecamatan Eromoko, Wonogiri, Jumat (14/8/2020).

Perusahaan Ini Jual Emas Bernuansa Merah Putih, Ada Diskonnya Lho

Anggaran Perbaikan Jalan Rp150 Miliar

Bupati Jekek menambahkan total anggaran untuk perbaikan jalan di Wonogiri pada 2020 mencapai Rp150 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Bantuan Keuangan (Bankeu).

"Selain jalan kami juga mengaloksikan anggaran miliaran [rupiah] untuk membangun pasar," ungkap dia.

Dalam melaksanakan pembangunan proyek-proyek tersebut, pemenang lelang diharuskan melibatkan masyarakat setempat dalam proses pembangunan. Masyarakat dilibatkan untuk tenaga non-skill. Untuk tenaga skil dan semi-skill menjadi wewenang pemenang lelang.

Heboh Pria Bawa Parang Nekat Masuk Polres Jember, Begini Ceritanya

"Keterlibatan masyarakat setempat untuk tenaga non-skill kami minta 100 persen. Hal ini untuk pemberdayaan," kata Jekek.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri, total ruas jalan di Wonogiri mencapai 1.157,62 kilometer (km) pada 2019. Kondisi jalan di Wonogiri sebagian besar baik, yakni sepanjang 732,12 km (62 persen).

Selanjutnya, 158,62 km jalan dalam kondisi rusak sedang. Sementara, 145,83 km jalan dalam kondisi rusak dan jalan sepanjang 10,9 km rusak parah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom