SOLOPOS.COM - Ilustrasi tenaga medis Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten menjadi yang tertinggi di Jawa Tengah (Jateng). Meski memiliki angka kesembuhan tertinggi, warga Kabupaten Bersinar diminta tak kendur mematuhi protokol kesehatan.

Koordinator Pusdalops Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakaan angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif di Klaten tertinggi dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Klaten diikuti Temanggung, Wonogiri, Rembang, serta Boyolali di urutan berikutnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari hasil perhitungan, persentase angka kesembuhan di Klaten 88,2%,” kata Ronny saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (15/10/2020).

Ronny mengatakan tingginya angka kesembuhan di Kabupaten Klaten itu didukung sejumlah faktor. Selain didukung fasilitas kesehatan yang baik, tingginya kedisiplinan pasien terkonfirmasi positif yang menjalani isolasi mandiri hingga sembuh turut mendongkrak angka kesembuhan pasien Covid-19 di Klaten.

“Selama ini yang kami pantau, pasien yang menjalani isolasi mandiri disiplin melaksanakan protokol yang harus dilakukan. Rata-rata pasien yang isolasi mandiri itu melakukannya di rumah masing-masing,” kata Ronny.

Remas Dada Murid, Guru Ngaji: Saya Khilaf Lihat Dia Montok

Gugus tugas di tingkat RW, desa, hingga kecamatan juga dinilai mendukung upaya untuk mengendalikan kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar. “Selain itu, razia-razia masker yang digelar intensif juga meningkatkan kedisiplinan warga,” jelas dia.

Jangan Kendur!

Meski tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten tertinggi di Jateng, Ronny mengimbau warga untuk tak kendur mematuhi protokol kesehatan. Dalam pekan ini, Klaten kembali ke zona oranye atau risiko sedang penularan Covid-19.

“Protokol kesehatan harus tetap dilakukan. karena perlu diingat bahwa akhir-akhir ini seperti di sisi timur Klaten muncul klaster warung. jadi mobilitas penduduk dari luar kota tetap diwaspadai dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan sehingga tidak lagi muncul klaster,” kata dia.

Apes! Pasangan Mesum di Tepi Jalan Terciduk Kamera Google

Tingkat pasien Covid-19 di Klaten yang sembuh tersebut berbeda jauh dengan sebelumnya. Sebelumnya, angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bersinar berada pada urutan ke-35 alias terbawah. Kondisi itu terjadi lantaran ada perbedaan data antara provinsi dengan kabupaten.

Data sebagian pasien terkonfirmasi Covid-19 di Klaten tak bisa terunggah dalam database provinsi.

“Ada data yang tidak masuk ke provinsi sehingga angka kesembuhan Klaten berada pada urutan ke-35. Setelah disesuaikan, kini angka kesembuhan menjadi nomor pertama. Ada data yang tidak bisa ter-input ke provinsi. Misalkan ada seorang ibu rumah tangga, pada data yang harus diisi itu ditanyakan pekerjaannya. Karena tidak diisi pada kolom pekerjaan, data tidak bisa terunggah. Mulai kemarin sudah ada perbaikan data,” kata Ronny.

Kejam! Gadis Ini Diperkosa & Ditonton 12 Orang di Lokasi Ujian Pegawai Negeri

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko, juga menjelaskan tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten tertinggi di Jateng setelah ada penyesuaian data. Dia mengatakan angka kasus Covid-19 di Klaten fluktuatif. Rata-rata kasus Covid-19 dipengaruhi tingkat mobilisasi penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya