SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

1910koploJon Koplo, Tom Gembus, dan Lady Cempluk adalah tiga sahabat karib semasa SMA di Solo. Tapi saat ini mereka sudah bekerja dan tinggal terpisah daerah. Koplo dan Gembus tetap tinggal di Solo sementara Gembus menjadi guru di Banjarmasin.

Suatu hari, Jon Koplo berencana piknik ke Banjarmasin selama satu pekan. Dua hari sebelum keberangkatan, Koplo menyempatkan diri ke rumah Cempluk. “Wah, emang kamu berani Plo? Ilang lho,” kata Cempluk setelah Koplo selesai bercerita.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Halah, ilang isih nang Indonesia ta Pluk. Kan tinggal minta sopir taksi mengantar sesuai alamat,” jawab Koplo.

“Wah, nggaya banget kowe Plo, naik taksi segala. Hati-hati lho nanti bayarnya mahal. Kan di luar Jawa apa-apa terkenal mahal.”

Ora Pluk, jare Gembus sekitar pitung ewu kok.”

Wah, murah tenan ya ongkos taksi nang kana.”

Hooh ki Pluk. Murah ya. Ya wes Pluk, aku tak bali sik ya, arep packing sik.”

Singkat cerita, Koplo pun mendarat mulus di Bandara Samsudin Noor, Banjarmasin. Melihat taksi yang sudah berjajar di depan bandara, tanpa tanya ini itu, Koplo langsung naik. Di dalam taksi, dengan santainya Koplo meminta sopir untuk mengantarkan ke Banjarbaru, tempat kos Tom Gembus. Koplo tenang-tenang saja karena uang di dompet masih Rp75.000.

Setelah lima belas menit, akhirnya Koplo pun turun di tempat tujuan. Dengan pede-nya Koplo menyodorkan uang pas Rp7.000.

“Terima kasih ya, Pak.”

“Maaf Bang, ini kurang,” sergah si sopir taksi.

“Kurang berapa Pak?” tanya Koplo kaget.

“Kurang Rp43.000, Bang,” jawab sang sopir taksi

“Kok kurang banyak Pak? Kata temanku naik taksi dari bandara cuma Rp7.000 kok.”

“Ini kan argo Bang, bukan taksi. Kalau taksi itu Bang,” cetus sopir taksi menunjuk mobil angkutan kota warna orange yang baru lewat di sampingnya.

“Ya Allah, ternyata beda ya taksi di Jawa dan di Banjarmasin. Wah, kurang ajar ini si Tom Gembus, nggak bilang kalau taksi di Banjarmasin berbeda dengan taksi di Jawa,” gerutu Koplo sambil menambah kekurangan bayarnya.

 

Jatmiko, Kepoh RT 015/RW 009, Jati, Blora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya